Menunggu Kepastian Ajaran Baru, Penjualan Seragam Sekolah Sepi Pembeli

0

MEMASUKI tahun ajaran baru 2019/2020 membuat para orang tua mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan untuk keperluan anaknya sekolah, salah satun yang paling diburu yakni seragam sekolah.

NAMUN,  dari pantauan jejakrekam.com, Senin (6/7/2020), di beberapa toko yang menjual seragam sekolah tidak tampak hal tersebut salah satu diantaranya yaitu Toko Belanga, di Pasar Baru Jalan Samudera, Banjarmasin.

Di toko ini terdapat bermacam-macam seragam mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA ada pula untuk Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah serta tersedia segala macam jenis seragam dari berbagai instansi pemerintahan.

BACA : Rencana Buka Sekolah Pada 13 Juli, Walikota Banjarmasin Minta Tunda Hingga Tahun Depan

“Biasanya saat memasuki masa pendaftaran, penjualan seragam kami sangat ramai bahkan stok yang ada di toko bisa habis, namun saat ini jauh menurun hingga lebih 50 persen,” ungkap salah satu karyawan yang namanya tidak mau disebutkan.

Menurutnya hal ini terjadi karena masih adanya wabah pandemi Covid-19 yang diprediksi belum tahu sampai kapan berakhir. Bahkan hal tersebut yang menjadi pemicu para orang tua murid jadi ragu untuk membeli.

“Karena itulah yang membuat orang tua murid jadi ragu untuk membeli, mereka masih menunggu kebijakan tentang sekolah dari pemerintah,” tambahnya.

Semua seragam sekolah yang ada di toko Belanga adalah buatan sendiri, jadi untuk stok tetap tersedia. Diperkirakan 3-4 hari sebelum masuk kembali ke sekolah, umumnya tokonya akan diserbu. Pembeli yang datang umumnya berkisar 20 orang untuk hari biasa. Namun pada saat tahun ajaran baru bisa membludak hingga 100 orang lebih.

BACA JUGA: Libur Sekolah Banjarmasin Kembali Diperpanjang, Siswa akan Masuk Semester Depan

Disebutkan saat ini untuk harga cenderung tidak berpengaruh, seragam putih di tempatnya dibanderol beragam harga. Dari harga Rp 84.000 hingga Rp 150.000 tergantung ukuran dari anak sampai mulai dari S hingga XL. Adapun untuk celana dan rok SD berkisar dari harga Rp 108.000 hingga 197.000, rok SMP dan SMA dipatok seharga Rp 123.000 sampai Rp 188.

“Seragam sekolah SD yang paling banyak di beli, karena untuk SMP dan SMA terkadang para orang tua masih menggunakan seragam terdahulu saja. Kami perkirakan kalau sudah ditentukan akan bersekolah dimana mungkin akan ramai pembelinya,”imbuhnya.

Pihaknya menyebut seragam di Toko Belanga berkualitas nomor 1, lipatan pada rok tidak mudah kusut atau hilang, dan mudah disetrika setiap saat. Bagi orang tua yang mau membeli pembelian langsung satu pasang dengan harga yang lebih murah juga tersedia.

“Semoga Covid-19 cepat berakhir, dan pemerintah bisa menemukan solusi kebijakan yang terbaik, kami berharap toko segera ramai lagi paling tidak saat satu pekan sebelum kembali masuk sekolah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.