ACT

Data Covid-19 HSU Dinilai Janggal, GTPP Kalsel Segera Panggil Bupati Abdul Wahid

0 1.546

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan dalam waktu dekat akan segera memanggil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), Abdul Wahid.

RENCANA tersebut muncul setelah GTPP Covid-19 Kalsel melakukan monitoring dan evaluasi (monev) bersama enam kabupaten atau yang sering disebut Banua Anam, Senin (25/5/2020).

Enam kabupaten tersebut di antaranya Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong dan Balangan.

Wakil Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel, Hanif Faisal Nurofiq mengatakan, Gugus Tugas HSU dinilai teledor dan tak serius terhadap penanganan virus corona serta banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Hal itu yang menjadi sorotan tajam dari GTPP Covid-19 Kalsel.

“Akan merekomendasikan untuk segera memanggil Bupati HSU (Abdul Wahid),” kata Hanif kepada awak media di Banjarmasin, Selasa (26/5/2020).

BACA : Kontak dengan Kluster Gowa, Kini Ada Empat Pasien Positif Covid-19 di HSU

Selain itu, beber Hanif, jumlah kasus Covid-19 di HSU yang sangat sedikit tersebut dinilai janggal dan tak masuk akal. Ini lantaran daerah itu termasuk kawasan terbuka. Terbukti, hampir di setiap pos pengamanan tak dijaga dengan ketat, sehingga orang bebas untuk keluar masuk kawasan tersebut.

Padahal, Kabupaten HSU itu berbatasan dengan daerah yang juga zona merah Covid-19 seperti Balangan dan Hulu Sungai Tengah (HST).

“Secara nyata kami tidak melihat upaya yang nyata, hampir susah kita temui orang memakai masker, kita tidak jumpai juga pos-pos ditutup semua,” jelasnya. “Hulu Sungai Utara ini mau kerja serius atau tidak,” ucap Plt Kepala BPBD Provinsi Kalsel ini dengan tegas.

BACA JUGA : Masyarakat Miskin dan Rentan Miskin Akibat Pandemi Covid-19 di Kalsel Capai 314.559 KK

Berdasar data dari GTPP Covid-19 Kalsel pada Selasa (26/5/2020) pukul 16.00 Wita, Kabupaten HSU mencatat hanya sebanyak 4 kasus positif orang terpapar virus Corona. Angka tersebut tentu menjadi yang paling sedikit di antara 12 kabupaten/kota lainnya di Kalsel.

Fatalnya lagi, papar Hanif, GTPP Covid-19 HSU yang diketuai Bupati Abdul Wahid tak pernah hadir setelah dipanggil beberapa kali. Untuk itu, Hanif menyatakan bakal merekomendasikan pemanggilan Bupati HSU kepada Ketua GTPP Covid-19 Kalsel yang juga Gubernur Sahbirin Noor.(jejakrekam)

Penulis Balsyi/M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.