Pasien Corona Kalsel Hari Ini Tembus 404 Kasus, Lima Orang Tercatat Meninggal Dunia

0

Pemerintah  Provinsi Kalimantan Selatan kembali memperbarui data sebaran kasus corona, pada Minggu  (17/5/2020) sore. Melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kalsel, per hari ini, pemerintah kembali melaporkan adanya  lonjakan pasien covid-19 yang signifikan, yakni 36 kasus.

PENAMBAHAN puluhan kasus tersebut diantaranya dari pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi positif sebanyak 14 orang, hasil tracing atau pelacakan 17 orang serta pasien meninggal sebanyak 5 pasien.

“Untuk PDP rinciannya dari Rumah Sakit  Ulin 4 pasien, dari Rumah Sakit Moch Ansari Saleh 3 pasien, Rumah Sakit Idaman Banjarbaru 2 pasien, 1 pasien dari Rumah Sakit Suaka Insan, 4 pasien dari Rumah Sakit Sultan Suriansyah Banjarmasin,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim, dalam siaran pers yang diteriam jejakrekam.com 

Sedangkan, 17 kasus hasil tracing berasal dari Kota Banjarmasin 12 pasien,  Kota Banjarbaru 3 pasien, masing-masing 1 pasien dari Kabupaten Kotabaru  dan Kabupaten Tanah Laut.     

BACA: Naik Drastis 47 Kasus, Jumlah Pasien Covid-19 Kalsel Tembus 368 Orang

“Selanjutnya, pasien terkonfirmasi positif yang meninggal dunia  sebanyak 5 kasus itu  adalah yang dirawat di Rumah Sakit Ulin Banjarmasin 3 pasien  dan Rumah Sakit Moch.Ansyari Saleh 2 pasien  yang semuanya warga Kota Banjarmasin, yaitu KS Covid # 386,387,388,389 dan KS Covid# 395,” kata Muslim.    

Selain mengabarkan pasien yang terkonfirmasi positif dan meninggal dunia, Muslim juga mengabarkan ada 4  orang pasien sembuh. Menurut dia, yang bersangkutan selama ini dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. Yakni pasien dengan identitas KS Covid #58,100,101 dan KS Covid# 150 yang semuanya warga Kota Banjarbaru.     

Dengan adanya perkembangan pasien positif , meninggal dunia dan pasien sembuh, maka secara akumulatif pasien covid-19 di Kalimantan Selatan sampai hari ini berjumlah 404 pasien. Rinciannya, 70 pasien dirawat intensif di berbagai rumah sakit, karantina khusus sebanyak 220 pasien, pasien sembuh sebanyak 73 pasien dan pasien meninggal dunia sebanyak 41 pasien.    

Selanjutnya, Muslim membeberkan untuk PDP hari ini berjumlah 85 kasus. Terjadi pengurangan pasien karena ada PDP yang hasil tes PCR negatif yaitu HB-24 yang dirawat di Rumah Sakit Hasan Basri Kandangan.

Kemudian ada tambahan PDP baru yakni 9 kasus yang berasal dari RSUD Ulin sebanyak 6 pasien, Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru 1 pasien, serta dari Rumah Sakit Hadji Boejasin sebanyak 2 pasien.     

Adapun untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini ada penambahan sebanyak 4 orang. Sebelumnya  979 ODP dan kini menjadi 983  ODP.

“ODP masih didominasi Kota Banjarmasin sebanyak 484, disusul Kabupaten Tanah Bumbu 280, Kabupaten Banjar 82, Tanah Laut 35,Kota Banjarbaru 22, HSS 18, Kabupaten Barito Kuala 14, HST 12, Kabupaten Kotabaru dan HSU 8, Kabupaten Tapin dan  Kabupaten Tablong 7, dan terendah Kabupaten Balangan hanya 6 ODP,” pungkas Muslim. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.