Ramadhan dan Idul Fitri, BI Kalsel Siapkan Rp 2,8 T Uang Tunai

0

BANK  Indonesia wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menyiapkan uang tunai sebanyak Rp 2, 805 triliun, selama Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H.

KEPALA Perwakilan Wilayah BI Kalsel, Amanlison Sembiring mengatakan pihaknya senantiasa menjaga kecukupan uang tunai untuk kebutuhan puasa dan lebaran, di samping terus mendorong penggunaan transaksi non tunai.

“Kami telah menyediakan Rp 2,805 triliun yang terdiri dari uang pecahan besar (UPB) sebesar Rp 2,54 T dan uang pecahan kecil (UPK) Rp 258 M. Langkah ini diambil agar ketersediaan uang tunai untuk masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H mendatang bisa tercukupi,” jelasnya, saat bincang dengan media melalui live streaming, Jumat (8/5/2020).

BACA : Bank Indonesia Serahkan Bantuan APD Lengkap Ke IDI Kalsel

Adapun dirinya mengatakan untuk jadwal penukaran uang sudah dimulai sejak tanggal 29 April lalu hingga 20 Mei 2020, dan dapat melakukan penukaran di kantor cabang bank-bank umum yang ada di Kalsel.

Disamping itu, Bank Indonesia juga tetap terus mendorong masyarakat untuk menggunakan transaksi non tunai dengan melakukan upaya sosialisasi dan edukasi non tunai melalui media sosial dan kerjasama dengan PJSP dalam mendorong penggunaan QRIS untuk rumah ibadah.

“Inovasi QRIS dalam bentuk QRIS Tanpa Tatap Muka juga menjadi langkah Bank Indonesia untuk mendorong transaksi mon tunai,” tambahnya.

Selain itu,  mendorong masyarakat menggunakan fasilitas non-tunai  seperti internet banking, mobile banking, sms banking, APMK, uang elektronik chips base dan server base, dan QRIS.

”Kami juga berkoordinasi dengan lintas Kementerian, Otoritas dan Lembaga terkait dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, semoga bisa dengan mudah dan cepat digunakan masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.