BPBD Balangan : Waspadai Musim Pancaroba di Bulan Juni-Juli

0

CURAH hujan khususnya di Kabupaten Balangan saat ini masih dalam kategori normal, meskipun beberapa hari lalu terjadi hujan.

KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, Alive Yoesfah Love, menegaskan, bahwa saat ini memang belum memasuki masa peralihan atau transisi kemusim kemarau. “Hujan beberapa hari kemarin itu masih dalam batas normal,” ujarnya.

Menurutnya, curah hujan normal tersebut berkisar di 151 sampai 200 milimeter per detik. Namun karena di Kabupaten Balangan terbagi jadi dua zona iklim wilayah maka ada curah hujan yang terjadi di atas normal.

BACA : Antisipasi Bencana, BPBD Balangan Dirikan Posko Siaga

“Dua wilayah itu adalah Halong dan sekitarnya, kemudian wilayah Juai, Paringin, Paringin Selatan, Awayan, Batumandi, dan Lampihong,” ungkapnya.

Untuk wilayah Halong curah hujan di atas normal yakni berkisar di 200 sampai 300 milimeter per detik. Meski berbeda curah hujan, namun saat terjadi hujan di Kabupaten Balangan durasinya cukup lama.

Masih menurut Alive, musim kemarau diperkirakan akan masuk pada bulan Juli, sehingga pada bulan Juni-Juli akan terjadi musim pancaroba (transisi) dari musim hujan ke musim kemarau. “Di bulan tersebut yakni Juni-Juli curah hujan sudah turun berkisar di 50 sampai 100 milimeter per detik,” ungkapnya.

Kepada masyarakat, Alive mengimbau agar waspada di saat musim pancaroba, yang mana bisa saja terjadi hujan tiba-tiba, selain itu juga angin kencang,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.