Jabat Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta Diminta Mampu Mengayomi Semua Pihak

0

PUCUK pimpinan Polda Kalimantan resmi berganti dengan dilantiknya Irjen Pol Nico Afinta sebagai Kapolda Kalsel yang baru. Dengan pergeseran jabatan itu, banyak tokoh yang menaruh harapan agar Nico bisa mengayomi dan merangkul semua pihak di Bumi Lambung Mangkurat.

SALAH satunya datang dari Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Supian HK. Menurut dia, Nico sudah semestinya bergerak cepat bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan DPRD dalam menangani kasus hukum di Banua.

Sebagai contoh, Supian HK meminta jenderal asal Tanah Karo, Sumatera Utara, tersebut mampu menangani secara maksimal persoalan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang mengintai Kalsel dalam waktu dekat.

“Dan yang paling penting beliau (Nico Afinta), sekali lagi, dapat mengayomi semua pihak yang ada di Kalimantan Selatan,” harapnya.

BACA: Dimutasi Sebagai Ketua STIK Lemdiklat Polri, Yazid Fanani Digantikan Irjen Nico Afinta

Supian HK meminta Nico dapat melanjutkan kepemimpinan Kapolda Kalimantan sebelumnya Irjen Yazid Fanani yang sering turun langsung ke masyarakat baik dalam kegiatan acara formal informal maupun menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat.

“Saya yakin beliau (Nico Afinta) mampulah untuk bersinergi menjaga kondusifitas dan keamanan di Kalimantan Selatan,” tutup politisi partai Golkar ini.

Sementara, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan, mengatakan segala permasalahan yang ada di Kalsel akan menjadi tugas kapolda baru.

“Saya yakin Pak Nico yang memiliki jam terbang tinggi dalam dunia reserse dan pernah menjadi Kapolresta Medan yang cukup rawan bisa menjadi kondusif setelah ditanganinya,”ujar mantan Kompolnas itu.

Mantan wartawan Senior ini menambahkan, kerja Kapolresta Medan, sama beratnya dengan Kapolda Kalsek mengingat rawan gangusn kamtibnas dan jumlah kuota lapas nya juga melebihi jumlah LP di polda luar pulau jawa.

“Dalam pemgamatan kami masyarakat Kalsel sambut baik kedatangan kapolda baru. Insyalah Kalsel kondusif, “pungkasnya.

BACA JUGA: Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani Pamit Kepada Personel dan Warga Banua

Sekadar diketahui, Irjen Nico Afinta merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1992. Selama berkarir di kepolisian, ia tercatat tegas dan pemberani. Banyak kasus-kasus besar yang berhasil diungkapnya.

Misalnya saat menjabat Direktur Resnarkoba Polda Metro Jaya. Nico bersama timnya berhasil mengungkap kasus sabu-sabu seberat 1 ton di Anyer, Banten, pada Kamis, 13 Juli 2017. Dari penyelidikan yang dilakukan selama dua bulan tersebut, ada empat orang WNA yang diamankan.

Kemudian, waktu menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Nico Afinta dipercaya mengepalai tim teknis kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan. Pada akhir Desember 2019, kepolisian mengumumkan telah menangkap dua tersangka yang ternyata merupakan anggota Brimob, yakni Ronny Bugis dan Rahmat. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.