Stok Menipis, PMI Banjarmain Ajak Masyarakat Donor Darah

0

MEMPERINGATI Hari Palang Merah Sedunia yang jatuh pada hari ini (8/5/2020), Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarmasin memberikan bingkisan yang tidak biasa kepada para pendonornya.

BINGKISAN tersebut berupa 2 Liter Beras, 1 Kg Gula dan 1 Liter Minyak, yang diberikan kepada para pendonor khusus untuk hari ini saja. Hal tersebut disampaikan Kepala Unit Donor Darah PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit.

Ia mengatakan, bantuan tersebut merupakan bantuan yang diberikan oleh salah seorang donatur, disaat bulan suci Ramadhan ini, yang juga bertepatan dengan hari Palang Merah sedunia.

Bukan tanpa alasan, Rama mengungkapkan stok darah yang dimiliki PMI Banjarmasin menurun drastis, terlebih dengan adanya Pandemi Covid-19 dan pada bulan puasa.

“Setelah kita gencar melakukan sosialisasi dan inovasi Alhamdulillah yang awalnya hanya bisa memenuhi sekitar 20 % kebutuhan, kini sudah bisa tembus di angka 80 % kebutuhan stok darah di kota Banjarmasin,” jelas dia saat ditemui Jejakrekam, di kantor PMI Banjarmasin.

BACA JUGA : Bersama REKI, HIPMI Banjarmasin Gali Pengembangan Ekonomi Ummat

Dia menyarankan Pemkot Banjarmasin untuk memberikan Imbauan resmi kepada masyarakat minimal ASN di lingkungan Balai Kota untuk melakukan donor darah.

Rama menuturkan kebutuhan stok darah di kota Seribu Sungai berkisaran antara 100 hingga 150 kantong perhari, tersebar di berbagai rumah sakit di Banjarmasin.

Dia menyebut dalam kondisi berpuasa bukan menjadi halangan bagi individu untuk mendonorkan darahnya, selama masih dalam keondisi sehat donor darah aman.

Jika ragu untuk mendonorkan darah ketika berpuasa, Rama menyarankan setelah berbuka puasa,mengingat unit donor darah PMI Banjarmasin siap melayani selama 24 jam.

“Dengan rutin mendonorkan darah justru baik bagi kesehatan kita,” pungkas Rama. (Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.