Selasa Besok, Bansos Warga Terdampak PSBB Dibagikan Dinsos Banjarmasin

0

MEMASUKI hari keempat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang dijanjikan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, masih belum digulirkan.

MESKI sudah terlihat sedikitnya 174 paket sembako tersusun rapi di beberapa wilayah, salah satunya di Kantor Kelurahan Antasan Besar, Jalan Batu Piring, Banjarmasin Tengah.

Dalam setiap paket tersebut, masing-masing berisi 5 kilogram beras, 6 bungkus mie instan, satu liter minyak goreng, satu kaleng susu kental manis, dan satu kotak teh celup. Selain itu, masing-masing 1 kepala keluarga akan diberikan uang tunai sebesar Rp 250 ribu.

BACA : Dimulai Banjarmasin Tengah, Mulai Hari Ini Ribuan Bansos PSBB Banjarmasin Dibagi Ke Warga

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto mengungkapkan, pembagian dilaksanakan saat jumlah bantuan sesuai dengan jumlah data hasil verifikasi.

Iwan mengatakan bansos yang digulirkan kepada masyarakat akan digulirkan pada hari kelima PSBB atau tepatnya pada Selasa (28/4/2020) besok, sesuai rencana awal.

“Kesiapan penyediaan kami terbatas. Jadi, setiap kelurahan baru 174 paket, padahal setiap kelurahan permohonan masuk beda-beda. Ada yang 1.000, ada yang cuma 200 paket. Jadi, kami bagi rata dulu kemarin,” kata Iwan Ristianto saat ditemui awak media di kantor Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Senin (27/4/2020).

BACA JUGA: Wakil Walikota Hermansyah : Segera Bagikan Paket Sembako PSBB!

Menurut Iwan, meski bansos diserahkan pada hari kelima PSBB, hal itu tak menjadi masalah besar. Karena, beber dia, bansos tersebut merupakan bentuk kepedulian dari Pemkot Banjarmasin dengan memberlakukan PSBB melalui pengetatan beberapa kegiatan masyarakat.

Sasaran utama yang dituju oleh Pemkot Banjarmasin pun yakni orang-orang yang di-PHK, dirumahkan tanpa upah, pedagang kecil yang kehilangan omzet dan yang lainnya. Sedangkan, untuk warga yang terdaftar dalam PKH, BPNT dan bantuan langsung tunai tidak mendapatkan sembako yang dihasilkan dari APBD Kota Banjarmasin.

“Beda dengan lockdown, kita harus penuhi setiap orang makan tiga kali sehari. Sedangkan PSBB tidak mesti hari pertama langsung disalurkan,” ujarnya.

BACA JUGA : Ngotot PSBB, Walikota Ibnu Siapkan Dana Rp 21 Miliar Tanggung Kebutuhan Warga

Terdapat tiga vendor dari BUMN yang ditunjuk sebagai penyedia bansos yakni Bulog, Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan Pertani. Di mana per harinya, mereka hanya mampu menyediakan 1.000-1.500 paket.

Rencananya, Selasa (28/4/2020) besok, bansos akan dibagikan terlebih dahulu di Kecamatan Banjarmasin Utara yang diperkiran banyak warga terdampak Covid-19.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.