Dikasih Duit Rp 250 Ribu Plus Paket Sembako, Besok Giliran Banjarmasin Tengah dan Utara

5

DINAS Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin mencatat, terdapat 6 kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Tengah yang akan menerima bantuan sosial (bansos) untuk warga terdampak wabah virus Corona (Covid-19).

ENAM kelurahan tersebut di antaranya, Kelurahan Kelayan Luar, Kertak Baru Ilir, Kertak Baru Ulu, Telur Dalam, Mawar, dan Antasan Besar yang akan siap menerima paket sembako untuk tahap pertama.

Camat Banjarmasin Tengah, Diyanoor mengungkapkan, tidak seluruh data yang diajukan oleh masing-masing kelurahan akan menerima bantuan tersebut. Pasalnya, Dinas Sosial akan melakukan verifikasi data langsung yang diajukan oleh setiap kelurahan itu.

“Jika sudah terdaftar dalam PKH, BPNT dan bantuan langsung tunai, maka warga tersebut tidak mendapatkan sembako yang dihasilkan dari APBD Kota Banjarmasin,” ucap Camat Banjarmasin Tengah, Diyanoor kepada awak media di Banjarmasin, Senin (27/4/2020).

BACA : Selasa Besok, Bansos Warga Terdampak PSBB Dibagikan Dinsos Banjarmasin

Ia mencontohkan untuk Antasan Besar, misalkan mengajukan 500 kepala keluarga (KK) lebih, tapi baru diverifikasi sekitar 370 KK penerima bantuan sosial dalam pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Setiap kelurahan pun masing-masing sudah disiapkan 174 paket sembako ditambah uang tunai Rp 250 ribu untuk setiap satu kepala keluarga. Masing-masing paket berisi 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 6 bungkus mie instan, 1 kaleng susu kental manis, dan satu kotak teh celup.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Banjarmasin dari dapil Banjarmasin Utara, Sukhrowardi juga memegang data rekapitulasi jumlah rumah tangga terpadu kesejahteraan sosial tahun 2020.

“Data ini bisa jadi pegangan sementara untuk mengawasi penyaluran bansos di Kecamatan Banjarmasin Utara. Tentu, data ini bisa bertambah seiring mewabahnya virus Corona yang mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerja jadi pengangguran,” tutur Ketua Fraksi Golkar DPRD Banjarmasin ini.

BACA JUGA : PSBB Banjarmasin Jangan Hanya Sekadar Pencitraan Dan Gaya-Gayaan

Untuk Kelurahan Kuin Utara terdata ada 647 kepala keluarga (KK), Pangeran (601 KK), Sungai Miai (500 KK), Antasan Kecil Timur (AKT) terdata ada 1.024 KK, Kelurahan Surgi Mufti tercatat 663 KK.

Berikutnya, Kelurahan Sungai Jingah (812 KK), Alalak Selatan (1088 KK), Kelurahan Alalak Utara (1.166 KK), Alalak Tengah (801 KK), dan Sungai Andai tercatat ada 661 KK.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi
5 Komentar
  1. Achmad ROSADI berkata

    Saya KTP BALIKPAPAN, pekerjaan ojek online di Banjarmasin, sudah hampir 5 tahun domisili di Gang Rahmi RT 20 No 41 Kel. Surgi Mufti, dan ada keterangan domisili dari RT setempat.
    Semenjak pembatasan sosial pertama sampai PSBB ini saya tidak ngojek.
    Apakah saya bisa dapat bantuan?
    Trimakasih. 081271026250

  2. Yuliyani berkata

    Kami warga Alalak selatan RT 4 RW 01…kami TDK mendpt bantuan PKH…BPNT..atau bantuan laen nya kami TIDAK terima….pdhhl pekerjaan suami buruh angkut…tidak ad muattan…tolong bantu kami..agar kami mendapat kan bantuan BANSOS….

  3. Riduan berkata

    Kami warga Alalak Utara Rt.01 banyak yg tidak mendapatkan BANSOS. dari 150kk kurang lebih hanya yg mendapatkan bantuan tersebut hanya 68kk saja,itu pun ada yg SDH mendapatkan bantuan PKH dapat LG dari dana BANSOS..TOLONG untuk pemerintah agar bisa melakukan pengecekan ke lingkungan kami,agar bantuan tersebut bisa sampai ketempat warga yg berhak mendapatkan..saya atas nama warga Alalak Utara RT.01 mewakili,, memohon agar pemerintah bisa membantu warga kami yg terkena dampak covid 19..terimakasih

  4. Riduan berkata

    Kami warga Alalak Utara RT.01.mewakili..
    banyak warga kami yg tidak mendapat kan bantuan dari BANSOS dari wabah covid19..
    Kurang lebih 160 KK..hanya 68kk saja yg mendapatkan BANSOS,itu juga warga yg termasuk mendapatkan bantuan dari PKH, menerima kembali bantuan dari BANSOS..
    TOLONG untuk pemerintah,bisa meninjau langsung .
    banyak nya warga kami yg mengharapkan bantuan tersebut.
    Apakah dari data 160Kk td betul-betul,hanya 68Kk saja yg mendapatkan bantuan tersebut.
    Tolong cek kembali..

  5. Adytia darmadi S.H berkata

    Bnyk warga di kawasan jahri saleh yg blm mendapatkan bantuan Psbb. Katanya menunggu gelombang ke dua..dan kapankah gelombang kedua itu..apa tahun depan. Bila dlm 3 hari ini tidak ada kepastian. Kami para LSM akan melakukan somasi ke pihak bansos.

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.