Polda Kalsel Cukur Rambut Massal Tangkal Penyebaran Covid-19

0

BERBAGAI upaya penanganan wabah Virus Corona (Covid-19) telah dilakukan Polda Kalimantan Selatan (Kalsel). Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh saat memasuki Mapolda Kalsel, hingga penyemprotan disinfektan di area publik.

NYATANYA, kasus orang terpapar Covid19 ini dari hari ke hari masih terus bertambah. Maka, Polda Kalsel mencoba cara baru. Yakni menggelar kegiatan cukur rambut gratis massal bagi personel Polri di lingkungan Polda Kalsel, Senin (13/4/2020)

Dari tingkat Bintara hingga Pejabat Utama mengikuti acara potong rambut ramai-ramai ini. Selain untuk kerapian penampilan anggota,  upaya ini diharapkan dapat pula menangkal penyebaran Covid-19. Pencukuran  dilakukan secara bergelombang guna menghindari kerumunan.

BACA: Polda Kalsel Bagi-Bagi Ratusan Masker Gratis untuk Warga Banjarmasin

Dalam pelaksanaannya, Gelombang I dimulai pukul 08.30 – 10.30 Wita, terdiri dari personel Itwasda, Biro Ops, Biro Rena, Biro SDM, Biro Log, Dit Lantas, Dit Pam Obvit, dan Dit Intelkam. Disusul Gelombang II pukul 10.30 – 12.30 Wita terdiri dari Dit Polairud, Dit Tahti, Dit Samapta, Dit Binmas, Dit Reskrimsus, Dit Reskrimum, dan Dit Resnarkoba.


Sedangkan pada Gelombang III pukul 13.00 – 15.30 Wita meliputi Bid Propam, Bid Dokkes, Rumkit Bhayangkara, Bid Humas, Bid Keuangan, Bid TI, Spripim, Setum, Yanma, dan SPKT Polda Kalsel.

Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalsel yang memfasilitasi kegiatan ini menyiapkan tukang cukur yang telah diketahui identitas kesehatanya.

Warna

BACA JUGA: Paman Birin Bagikan 60 Liter Disinfektan ke 13 Kabupaten/Kota di Kalsel


Karo SDM Polda Kalsel Kombes Pol Ari Wahyu Widodo SIK mengatakan, sebelum para tukang cukur melakukan tugasnya, beberapa tahapan dijalani oleh tukang cukur tersebut. Yakni pengecekan suhu tubuh oleh Tim Biddokkes Polda Kalsel, dilanjutkan dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian pemberian antisepktik atau hand sanitizer kepada para tukang cukur sebelum melakukan tugasnya. Tidak lupa pula menyiapkan alat cukur yang sudah disterilkan lebih dulu, sebelum digunakan untuk mencukur rambut para personel Polda Kalsel.


“Untuk personel yang akan dicukur rambutnya, telah disediakan konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas tubuh para personel guna menangkal Covid-19,” tutur Kombes Ari. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.