Satu PDP di Balangan Positif Covid-19

0

SATU orang pasien dalam pengawasan di Kabupaten Balangan dinyatakan positif Covid-19 setelah melalui hasil pemeriksan tim medis.

HASIL tersebut keluar setelah pasien yang terdata warga di wilayah Kecamatan Tebingtinggi tersebut diperiksa. Bahkan sebelumnya yang bersangkutan dilarikan ke RSUD Boejasin untuk perawatan.

Perlu diketahui, Setelah dinyatakan sebagai PDP pada Senin (6/4/2020) lalu,  yang bersangkutan mempunyai riwayat perjalanan datang dari Gowa ini dinyatakan positif Covid 19, Kamis (9/4/2020).

BACA : Lagi, Satu Pasien Covid-19 Di Kalsel Meninggal

Ia diketahui datang pada 23 Maret lalu dan berstatus ODP.  Kemudian gejala yang mengarah pada Covid 19 mulai muncul pada 1 April 2020. Dimana si penderita mengeluhkan tidak enak badan.  Kemudian tanggal 2 April dicek suhu badan mencapai 38,4 derajat celcius dan diberi obat.

“Dari Pemeriksaan tanggal 5 April, yang bersangkutan mengeluh sakit yang gejalanya masuk suspek Covid 19. Setelah dilakukan pemeriksaan yang bersangkutan dinyatakan PDP dan dirujuk ke RSUD Boejasin,” jelas Ketua Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan, sekaligus Bupati Balangan, Ansharuddin saat press conference dengan awak media, Kamis (9/4/2020) malam.

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Balangan, , Erwan mega, Bupati H ansharuddin menyatakan, mendapatkan laporan bahwa dari hasil pemeriksaan tim medis dan dokter paru yang bersangkutan dinyatakan Positif Covid 19.

BACA JUGA: Ironis, Ternyata Kalsel Tak Masuk Prioritas Covid-19 Nasional

 Lantas, karena saat ini dinyatakan positif, Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan pun berencana akan lebih monitoring terhadap cluster Gowa yang ada di Balangan.  Selain itu juga melakukan tracking terhadap orang-orang yang berinteraksi dengan pasien tersebut.

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan, Erwan Mega, Saat ini Tim kesehatan dari Gugus Tugas Covid 19 telah mendata ada 43 orang  yang merupakan cluster Gowa di Balangan.  Secara bertahap mereka akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test sebanyak dua kali. Sehingga meyakinkan hasil dari tes tersebut.

“Sepertiga orang dari data  yang datang dari Gowa susah dilakukan pemeriksaan, Kemudian setiap harinya akan kami lakukan pemeriksaan rapid test kepada mereka yang belum diperiksa,” tegas Erwan yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan.

BACA LAGI: Rp 38 Miliar Disiapkan Pemkab Balangan Untuk Penanganan Covid-19

Merujuk data yang disampaikan oleh Erwan pula, selain satu orang positif di Balangan, ada pula Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang baru terdata yakni satu orang.

Yang bersangkutan merupakan warga Kecamatan Paringin Selatan dan sudah dilakukan pemeriksaan Rapid Test. Hasilnya, dua kali RPT terbaca reaktif. Dalam artian dalam tubuhnya terdapat virus, namun masih secara umum.

“PDP-nya masih dalam status PDP ringan, yang bersangkutan kita karantina dan isolasi secara mandiri, namun kita tetap melakukan dalam pengawasan secara inten kepada yang bersangkutan,” terangnya.

Dari data terakhir Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Balangan tanggal 9 April 2020 pukun 17.00 wita Status ODP sebanyak 39 orang, PDP sebanyak 1 Orang dan Positif 1 orang.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.