2020, BNNK Balangan Jalankan Program Desa Bersih dari Narkoba

0

DESA Kupang menjadi target Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan untuk menjadikan desa yang bersih dari narkoba, atau Desa Bersinar.

KEPALA BNN Kabupaten Balangan, AKBP Katamsi Sad Retna Setiawan menyampaikan program perencanaan di tahun 2020, pihaknya akan melakukan kegiatan pencanangan untuk satu Desa Bersinar atau desa bersih dari narkoba.

“Untuk saat ini desa yang kami persiapkan sebagai Desa Bersinar adalah Desa Kupang Kecamatan Lampihong, yang akan di jadikan sebagai pilot project dan beberapa persiapan sudah kami lakukan,” ujarnya.

BACA: BNNK Balangan Fokos Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

Senada dengan hal ini, kriteria yang menjadikan Desa Kupang sebagai Desa Bersinar, diantaranya adalah kreatifitas dari kades serta aparat desa dengan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya penerapan untuk program Desa Bersinar, adanya penganggaran dana desa untuk mendukung program P4GN, dan kegiatan penyuluhan.

Sebagaimana nantinya Desa Kupang yang akan dijadikan Desa Bersinar ini, diharapkan bisa diduplikasi oleh desa lainnya yang ada di Kabupaten Balangan.

Iwan Rasoully, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kabupaten Balangan, mengatakan, terkait pencegahan dan pemberdayaan masyarakat pihak BNN Kabupaten Balangan, mulai menjalankan sebuah program yaitu Desa Bersinar dan ini merupakan prioritas utama di tahun 2020.

“Jadi setiap BNN baik itu di Provinsi dan Kabupaten/Kota, diwajibkan untuk memprogramkan satu desa disetiap Kabupaten/kota,” tuturnya.

Selain itu, kata dia, dalam hal pencegahan dan pemberdayaan masyarakat ini, pihaknya akan bergerak melakukan penyuluhan kepada setiap desa. “Nantinya diharapkan bakal  menjadi percobaan prorgam Desa Bersinar tersebut.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.