Bawaslu Kabupaten Balangan Tekankan Netralitas di Pilkada 2020

0

JELANG Pilkada tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Balangan menggelar rapat koordinasi dan penandatanganan deklarasi netralitas bersama stakeholder, bertempat di Ar Raudah, Kecamatan Paringin.

HAL tersebut dalam rangka mendukung kelancaran pengawasan dan pelanggaran pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Kalsel serta pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Balangan.

Rosmelyanoor, Ketua Bawaslu Kabupaten Balangan mengungkapkan, melalui rapat koordinasi dan penandatanganan deklarasi netralitas ASN, TNI dan Polri ini diharapkan mampu menyukseskan pilkada yang aman dan damai.

BACA: Bawaslu Balangan Rekrutmen Panwascam Dan Panwasdes

“Sesuai tugas dan kewenangan Bawaslu kami siap, mensukseskan pilkada di Kabupaten Balangan dengan melakukan pengawasan, serta meminimalisir bentuk pelanggaran pilkada di Balangan untuk menciptakan pilkada yang aman, dan damai,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga sudah melakukan proses tahapan pengawasan, untuk meminimalisir bentuk pelanggaran di semua lini. “Kami juga sudah melakukan sosialisasi pencegahan dalam bentuk sosialisasi baliho spanduk dan selebaran, bahkan juga sudah berikan sosialisasi bagi masyarakat serta para tokoh,” ungkapnya.

Ia juga mengharapkan melalui sosialisasi tersebut masyarakat dalam hal keikutsertaan peran, serta masyarakat bersama-sama dalam mengawasi jalannya tahapan pelaksanaan Pilkada yang sukses, serta aman dan damai.

Ketua KPU Balangan, Saripani menuturkan pihaknya sebagai penyelanggara pilkada di Kabupaten Balangan akan selalu siap dan bersinergi bersama-sama dalam mewujudkan pilkada yang aman dan damai.

“KPU Balangan sebagai pihak penyelenggara juga selalu diawasi oleh pihak Bawaslu, apabila terdapat pelanggaran kode etik baik KPU maupun Bawaslu akan disidangkan di dewan kehormatan,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.