Belum Darurat Corona, Walikota Ibnu Sina Tak Liburkan Sekolah dan Instansi Pemerintah

0

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarmasin langsung bereaksi dengan ditemukan pasien terduga suspect Corona yang kini dalam masa observasi di RSUD Ulin Banjarmasin, usai sebelumnya sempat dirawat di RS Suaka Insan.

WALIKOTA Ibnu Sina didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi serta pemangku kepentingan di bidang kesehatan menggelar jumpa pers di Rumah Jabatan Walikota, Jalan Dharma Praja, Banjarmasin Timur, Minggu (15/3/2020) sore.

Ibnu Sina menegaskan akan mengerahkan semua pihak dalam bentuk respon serta penanganan novel Coronavirus (covid-19) di Kota Banjarmasin.

“Kami sepakat satu komando untuk menangani covid-19 di Kota Banjarmasin, dan sudah menunjuk Kepala Dinas Kesehatan sebagai leading sector, termasuk penyampaian informasi dan penanganan masalah virus Corona ini,” ucap Ibnu kepada awak media.

BACA : Bantah Ditolak Samarinda, Kapal Pesiar Berbendera Australia Tinggalkan Banjarmasin

Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengatakan belum bisa memastikan total yang terindikasi suspect Corona di Kota Banjarmasin. Termasuk, dirinya belum memasang status darurat covid-19 sehingga sekolah hingga instansi, belum diliburkan. Namun, Ibnu sina menegaskan jika keadaan sudah darurat, hal itu bisa saja terjadi.

“Belum ada kondisi darurat yang kemudian memaksa kita untuk meliburkan sekolah dan instansi (pemerintah maupun perguruan tinggi). Kami ingin melakukan pemantauan terus,” ujarnya.

Orang nomor satu di Balai Kota Banjarmasin ini juga mengimbau agarmasyarakat untuk menghindari aktivitas yang jumlahnya terhitung lebih dari 50 orang.

Bahkan, menurut Ibnu Sina, Pemkot Banjarmasin akan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap warga yang datang dari luar kota. Terutama, dari daerah yang banyak terindikasi positif Corona.

“Dalam waktu dekat ini, ada salah satu sekolah yang datang dari Australia setelah melakukan studi banding,” ucap Ibnu Sina.

BACA JUGA : Usai Umrah, Tiga Pasien Suspect Corona Langsung Diisolasi RSUD Ulin

Walikota Banjarmasin ini juga dengan tegas meminta orang dalam pengawasan (ODP) untuk mengisolasi diri di rumah sendiri. Ia juga mengibau agar para pimpinan tempat dia bekerja memberi keringan, sehingga bisa diistirahatkan atau bekerja di rumah masing-masing.

Ia mengakui hingga kini, pintu akses masuk ke Banjarmasin seperti di Pelabuhan Trisakti, masih belum ditutup. “Tetapi Pemkot Banjarmasin tetap melakukan pengawasan yang sangat ketat,” tandas Ibnu Sina.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.