Husairi Abdi

Usai Umrah, Tiga Pasien Suspect Corona Langsung Diisolasi RSUD Ulin

0

TIGA pasien asal Kabupaten Tanah Bumbu dan Kota Banjarmasin diduga suspect Corona dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin, Sabtu (14/3/2020).

HAL itu semakin diperkuat dengan beredarnya laporan tertulis terkait pasien rujukan suspect corona yang mengatasnamakan oleh Direktur Utama RSUD Ulin Banjarmasin, dr Hj Suciati.

“Sampai dengan pukul 21.00 Wita (Sabtu, 14 Maret 2020), ada tiga pasien suspect Corona sedang menjalani perawatan di ruang isolasi,” kata Hj Suciati dalam laporan tertulisnya.

Pasien 01 pria berusia 64 tahun, pasien 02 wanita (62 tahun) dari warga Tanah Bumbu, serta pasien 03 pria (46 tahun) yang berasal dari rujukan RS Suaka Insan, Banjarmasin.

BACA : Bukan Corona, Hanya ISPA

Ketiga pasien tersebut rencananya akan dilakukan swab tenggorokan untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait gejala yang dianggap mirip seperti covid-19.

Bahkan, rencananya Minggu (15/3/2020) hari ini bakal ada tambahan dua pasien rujukan suspect corona dari daerah kabupaten yang sama. Keduanya adalah pasien yang satu travel dengan pasien 02, sebelumnya pada saat melakukan ibadah umrah.

Saat ditemui jejakrekam.com, Minggu (15/3/2020), petugas satpam hingga resepsionis rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ini juga tak bisa memberikan keterangan yang jelas terkait hal itu.

Bahkan, dari pantauan jejakrekam.com hingga pukul 11.00 Wita, aktivitas di tempat ini pun tampak lebih lengang daripada hari biasanya.

Dikontak terpisah, Direktur RSUD Ulin Banjarmasin dr Hj Suciati membenarkan ketiga pasien dalam status suspect Coronavirus atau Covid-19 sedangkan berada di ruang isolasi Bougenville RSUD Ulin.

BACA JUGA : Ini Dampak Apabila Masyarakat Terlalu Berlebihan Tanggapi Virus Corona

“Dua orang itu berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu dan satu suspect Covid-19 dari Kota Banjarmasin. Rinciannya, dua laki-laki dan satu perempuan,” ucap Suciati.

Ia menegaskan ketiga pasien itu masih dalam proses pemeriksaan dan observasi. “Lagi pemeriksaan. Tadi pagi sudah diambil sampelnya. Menunggu hasilnya dulu. Sambil ditingkatkan kesehatannya,” kata Suciati.

Dari informasi yang dihimpun, ketiganya dirujuk ke RSUD Ulin, pada Sabtu (14/3/2020) tadi dengan jam yang berbeda-beda.

Adapun pemeriksaan itu diambil dengan uji swab tenggorokan. Suciati mengaku belum mengetahui pasti kapan hasil kesehtan tiga orang pasien suspect Covid-19 itu akan didapatkan. Ia menegaskan masih menunggu konfirmasi dari dokter yang melakukan pemeriksaan.

BACA JUGA : Imbas Virus Corona, Jumlah Penumpang Melalui Bandara Syamsuddin Noor Mengalami Penurunan

Di tempat lain, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muhammad Muslim, juga membenarkan bahwa tiga orang pasien suspect Corona tengah dirawat di RSUD Ulin. “Yang paling penting sudah ditangani. Nanti statusnya pasti akan disampaikan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki/Asyikin
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.