Ingin Revitalisasi Pasar Ujung Murung, Eks Dirut Bank Kalsel Sarankan Beberapa Poin Penting

0

REVITALISASI Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir Baru yang digaungkan Pemkot Banjarmasin selalu mendapat penolakan dari para pedagang. Hal ini pun mendapat perhatian dari Mantan Direktur Utama Bank Kalsel, Hermani Abdurrahman.

MENURUT Hermani, untuk merevitalisasi Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir Bar,u ada beberapa poin penting yang harus dilakukan. Diantaranya, menerapkan konsep dari  ajaran agama yang  berazaskan keadilan dan  transparansi.

“Itu seyogyanya menjadi dasar pertimbangan kalkulasi biaya atau harga yang dikenakan  kepada berbagai pihak atau juga kepada para  pedagang,” urai Hermani kepada jejakrekam.com, Selasa (11/2/2020).

BACA:  Selalu Gagal, Pola Pendekatan Pasar Ujung Murung Harus Diubah

Selain itu, ucap dia, membangun dan revitalisasi pasar tersebut seharusnya tidak sepenuhnya bertujuan atau berbau untuk komersialisasi. Oleh karena itu, sebaiknya saham dan modal dapat disinergikan kepada semacam konsorsium. “Dalam Bahasa Banjar “baurunan” agar terhindar dari kepenting untuk mengambil  untung setinggi-tingginya,” kata Hermani.

Mengapa ini harus dikonsorsiumkan? Menurut Hermani, agar semua stakeholder masyarakat Kalsel ada mempunyai dan  merasa sense of beloging dan semoga ada saling rasa mengawasi untuk mewujudkan transparansi.  

BACA JUGA : Sejarawan ULM : Pasar Ujung Murung dan Sudimampir Harus Segera Direvitalisasi

Ia menambahkan, poin lainnya yang harus diperhatikan adalah segala biaya revitalisasi dana pembangunan pasar  dan bunganya disiasati.  Dalam arti, jangan di bebankan sepenuhnya kepada pedagang ,dan biarkan investor atau duduk bersama  mencari solusi ini karena  keberadaan pasar yang modern di Kalsel ini sudah seharusnya ada.  

Sedangkan poin terakhir, ucapnya  revitalisasi Pasar Ujung Murung dan  Pasar Sudimampir tersebut mempunyai optimisme dan prospektif yang  bagus karena sejarah serta  lokasinya yang strategis. “Asalkan  di bangun dan pengelolaannya di pegang  orang yang profesional , Insya  Allah akan tercapai,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.