MRI-ACT Berikan Layanan Kesehatan bagi Korban Terdampak Banjir Balangan

0

SUDAH beberapa hari banjir masih merendam beberapa wilayah di kabupaten Balangan. Pada Senin (10/2/2020), Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan logistik dan pelayanan kesehatan gratis untuk warga di Desa Matang Hanau, yang mengungsi di posko pengungsian.

RIADI selaku tim rescue MRI-ACT mengatakan, banjir yang terjadi membuat warga terhenti melakukan aktivitasnya dan juga warga mengalami gatal-gatal akibat dari bencana banjir.

“Kami melakukan pelayanan kesehatan dan hasilnya warga banyak mengalami sakit perut, sakit kepala, dan gatal-gatal,” ujarnya.

Setelah siang hari tim melanjutkan ke Desa Pimping Kecamatan Lampihong, dimana ada 3 rukun tetangga (RT) yang rumahnya terendam air setinggi pinggang hingga leher orang dewasa.

“Ada 1 SD dan 1 TK yang diliburkan mulai dari Kamis sampai sekarang dikarenakan air belum surut. Tak hanya itu, keadaannya pun sangat parah, dimana kursi dan meja berhamburan, serta buku-buku pelajaran terendam air,” tambahnya.

Tak hanya itu, menurut warga, akses untuk keluar desa tidak bisa lagi dilewati oleh kendaraan roda dua kecuali pakai jukung kecil dan juga kalau jalan kaki keluar sekitar harus menempuh 3 kilometer dengan ketinggian air sepinggang, bahkan ada yang seleher orang dewasa.

“Masih banyak lagi kebutuhan yang diperlukan saat ini terutama bahan makanan yang mulai menipis,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Thoni/ACT
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.