Antisipasi Virus Corona, Dinkes Pantau Pekerja Asing Asal China di Tabalong

0

MEWABAHNYA virus Corona di Negara China mengharuskan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tabalong terus melakukan pantauan terhadap pekerja asing asal Tiongkok yang bekerja di daerah itu.

KEPALA Dinkes Kabupaten Tabalong, dr Taufiqqurahman Hamdie mengungkapkan tindakan ini dilakukan guna mengantisipasi adanya pekerja asal China yang terpapar virus ini.

“Kami cuma melakukan pemantauan pada pekerja asal cina, karena mereka sudah menetap lama di Tabalong,” ujar Taufiqqurahman Hamdie kepada awak media di Tanjung, Rabu (5/2/2020).

Ia menjelaskan pemeriksaan hanya dilakukan kepada orang yang berpergian ke China atau baru datang dari negeri tirai bambu itu.

BACA : Dinkes Kabupaten Banjar Antisipasi Masuknya Virus Corona

Menurut Taufiqqurahman, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk para pekerja asing yang datang ke Tabalong, saat melintasi Bandara Warukin maupun Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru. “Hingga kini, belum ada ditemukan suspect penderita virus Corona,” ujarnya.

Taufiqqurahman juga menjelaskan, Dinkes bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Tabalong juga intens melakukan pemeriksaan para penumpang, khususnya yang datang dari China saat berada di Bandara Warukin, sesuai jadwal penerbangan yang ada.

BACA JUGA : Antisipasi Virus Corona, Bandara Syamsudin Noor Aktifkan Pendeteksi Panas Tubuh

“Kami juga melakukan pemeriksaan di seluruh fasilitas kesehatan Tabalong jika ada pasien dengan keluhan penyakit tersebut. Termasuk, terdata riwayat bepergian dari daerah yang terindikasi ada wabah penularan virus Corona,” ucapnya.

Hingga saat ini, Pemerintah China maupun Indonesia sudah menutup akses dari dan kekedua negara, terutama para pekerja asing yang memasuki wilayah RI.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.