Galakkan PHBS di Lingkup SKPD Balangan

0

PERILAKU hidup bersih dan sehat terus digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan. Salah satu caranya, Pemkab Balangan melalui Dinas Lingkungan Hidup malakukan penilaian kebersihan di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dan, setiap SKPD yang kebersihanya dianggap baik diberikan apresiasi penghargaan.

SEPERTI pada saat apel pagi, Senin lalu, di halaman kantor bupati, Dinas Lingkungan Hidup Balangan menyerahkan hadiah lomba kebersihan lingkungan tingkat instansi (SKPD) di lingkup Pemkab Balangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Balangan, Musa Abdullah mengatakan  bahwa kegiatan ini merupakan program aksi lanjutan dari tahun sebelumnya.

BACA: Kembangkan Bakat Generasi Muda Melalui Badalungga Voly Cup

Musa Abdullah mengatakan tujuan dari kegiatan ini, agar seluruh instansi di Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, bisa bekerjasama untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Itu salah satu rangkaian kegiatan penilaian baik tingkat kabupaten kota maupun provinsi, jadi kita melakukan aksi kebersihan ini,” tuturnya.

Musa Abdullah menambahkan, kriteria penilaian dalam lomba kebersihan ini tak lain mengacu kepada penilaian Adipura.

Sementara itu, juara terbaik II, Kepala Bappeda Kabupaten Balangan, Murjani Fauzi mengucapkan, rasa terimakasih terhadap penghargaan yang telah diberikan oleh Dinas Lingkungan Hidup, atas kemenangan lomba kebersihan tersebut.

Dalam hal ini, Murjani Fauzi mengharapkan dengan adanya lomba ini, mampu memotivasi SKPD yang lain bisa menciptakan kenyamanan serta kebersihan di lingkungan kerja. “Kebersihan dan kenyamanan sangat mempengaruhi kinerja di SKPD itu,” imbuhnya.

BACA JUGA: Penuhi Syarat, Rumah Batu Di Kecamatan Juai Akan Dijadikan Cagar Budaya

Atas kepedulian SKPD mewujudkan kantor berbudaya lingkungan bersih, Asisten I Setdakab Balangan Ir Husaini memberikan penghargaan dan apresiasi kepada perangkat daerah yang telah memenuhi kriteria kantor berbudaya lingkungan bersih.

“Kita berharap walaupun tidak adanya pemberian penghargaan, budaya lingkungan bersih ini tetap dilaksanakan dimasing masing SKPD,” tegas Husaini.

Adapun dana yang diberikan akan dikelola kembali, untuk menambah fasilitas berupa taman dalam ruangan kantor dan beberapa peralatan yang diperlukan.

Lomba kebersihan tingkat instansi ini dimenangkan oleh, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebagai juara terbaik I, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai juara terbaik II, dan RSUD Kabupaten Balangan sebagai juara terbaik III. (jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.