Di Lapangan Pahlawan Amuntai, Aneka Produk Lokal Tersaji

0

PERSATUAN Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjajakan berbagai macam kuliner khas Kabupaten HSU di kawasan Lapangan Pahlawan Amuntai, Senin (4/11/2019).

ADAPUN produk yang dijual Persatuan UMKM Kuliner HSU di antaranya, kerupuk haruan, kue kulambin, telor asin Alabio, apam mukung, cincin talipok dan lain lain. Selain itu, ada pula makanan lainnya yang dijual.

Ketua Persatuan UMKM Kuliner HSU Enik Maslahah mengatakan kegiatan bertujuan untuk mempromosikan UMKM kuliner di HSU dan sebagai wadah untuk meningkatkan mengembangkan produk-produk  kuliner lokal. Tujuan akhirnya, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA : Hidupkan Kain Sarigading, Pelajar di Amuntai Dilatih Sasirangan Pewarna Alam

“Kami mempromosikan warga masyarakat tidak tahu apa saja produk HSU. Di dalam pasar ini, kita bersama bisa menunjukkan inilah UMKM HSU yang dimana sudah membuat beberapa inovasi produk pangan lokal dengan moderen,” ujar Enik.

Ia menuturkan, pasar UMKM ini adalah satu upaya untuk menciptakan pasar. Ini mengingat banyak pelatihan digelar pemerintah daerah dan lembaga lain.  “jadi, masyarakat penjual masih bingung harus memulai pasar dari mana bisa diberikan solusi. Ini ditambah dengan adanya kemajuan dari teknologi semakin semakin berkembang dengan penjualan sistem online,” papar Enik.

Menurut dia, dengan menciptakan pasar sendiri, masyarakat sendiri akan mengenal dan mencintai produk lokal yang dibelinya.

BACA JUGA : Target Tembus Ekspor, Kualitas Meubel Alumunium Amuntai Terus Ditingkatkan

Enik menjelaskan saat ini yang terdaftar UMKM di Persatuan UMKM Kuliner HSU, terdata ada 23 penjual. Mereka berasal dari berbagai macam desa tiap kecamatan dengan produk khas kuliner masing masing di Hulu Sungai Utara. Sebut saja, produk andalan dari Danau Panggang, Amuntai Selatan, Amuntai Tengah, Babirik dan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.