Ketua Kwarda Pramuka Kalsel Titip Pesan Penting untuk Pramuka Tanbu

0

KETUA Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah, melantik Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu, Masa Bakti 2019-2024, Jumat (4/10/2019).

PELANTIKAN berlangsung di Gedung Mahligai Bersujud, diawali dengan pelantikan pengurus Mabicab diketuai Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor.

Selanjutnya, Ketua Mabicab Kabupaten Tanah Bumbu, Sudian Noor, melantik pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu yang diketuai, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Rooswandi Salem.

BACA: Hj Raudatul Janah Tak Lelah Gaungkan Gerakan Pramuka Kalsel

Prosesi pelantikan ditandai pengucapan dan penandatanganan naskah ikrar serta penyematan tanda jabatan. Dari semua rangkaian prosesi berlangsung penuh khidmat.

Ketua Kwarda Kalsel Hj Raudatul Jannah mengatakan, gerakan pramuka adalah wadah untuk mendidik dan membina generasi muda.

Tujuannya agar menjadi manusia yang bertaqwa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani, serta rukun dan memiliki kesetiakawanan yang tinggi.

“Oleh karena itu, gerakan pramuka mempunyai tugas-tugas untuk menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, dapat mengisi kemerdekaan dan ikut serta dalam pembangunan nasional,” tutur Ketua Kwarda Kalsel yang juga Ketua TP-PKK Provinsi Kalsel.

BACA JUGA: Hj Raudatul Bangga Kreativitas Peserta Perkemahan Saka Wira Kartika

Diera globalisasi di abad 21 yang serba cepat, tutur isteri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor,  menjadikan tantangan baru bagi gerakan pramuka seiring pesatnya perkembangan informasi, pengetahuan, dan teknologi yang harus dibarengi kemampuan membentengi diri dari dampak kemajuan itu.

Untuk itu, kepada Mabicab dan pengurus Kwarcab diharapkan dapat membangun dan mengembangkan gerakan pramuka di Kabupaten Tanah Bumbu,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu yang juga Ketua Mabicab, Sudian Noor, mengaku bersyukur sekaligus termotivasi dengan pelantikan ini, karena tugas dan tanggungjawab yang harus dihadapi.

“Adanya pelantikan ini semoga amanah dan bersama-sama kita memberikan sumbangsih berupa bimbingan moral, materil kepada gerakan pramuka di Hulu Sungai Tengah. Untuk itu, setelah resmi dilantik tentunya menjadi tugas kita bersama agar mengolah pramuka menjadi suatu kegiatan yang menarik minat generasi melineal,” terangnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Bumbu, Rooswandi Salem mengatakan komitmen memajukan kepramukaan di Tanahbumbu mulai dari penetapan program rutin di sekolah-sekolah di semua jenjang. Selain akan mendorong dilaksanakannya even-even kepramukaan berskala nasional di Tanah bumbu.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.