Melesat di Pemilu 2019, Nasdem Rebut Kursi Parlemen Merata di Kalsel

0

MESKI tak bertitel pemenang Pemilu 2019 di Kalimantan Selatan, toh Partai Nasional Demokrat (Nasdem) terus melejit berada di papan atas. Ini terbukti, hasil pemilu 17 April 2019 itu, partai yang dinakhodai Surya Paloh hampir merebut kursi parlemen di 13 kabupaten dan kota di Kalsel.

SEKRETARIS DPW Partai Nasdem Kalimantan Selatan Akhmad Rozanie Himawan Nugraha mengaku bersyukur atas kepercayaan masyarakat Kalsel terhadap parpol dan para caleg Nasdem dalam Pemilu 2019.

“Kepercayaan konstituen terhadap Partai Nasdem ini terbukti dengan terjadi peningkatan perolehan kursi parlemen di DPRD kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan,” ucap Akhmad Rozanie Himawan Nugraha kepada jejakrekam.com di Martapura, Senin (29/4/2019).

BACA : Dituduh Calegnya Politik Uang, Ketua Nasdem : Lihat Perolehan Suaranya

Rozanie mengklaim berdasar perhitungan internal Partai Nasdem, rata-rata meraih kursi dengan jumlah bervariatif di setiap dapil atau kabupaten dan kota di Kalsel.

Dia merincikannya dari list yang ada, semula di DPRD Kabupaten Barito Kuala, Nasdem tak meraih kursi kini hasil Pemilu 2019, parpol meraih dua kursi di dua dapil. “Insya Allah, untuk DPRD Kabupaten Banjar, yang awalnya tiga kursi naik 150 persen dengan prediksi sebanyak 7 hingga 8 kursi,” ucap Rozanie.

Hal juga terjadi di Kabupaten Tapin, Rozanie menyebut jika dalam Pemilu 2014, Nasdem tak punya wakil rakyat, kini di DPRD Tapin hasil Pemilu 2019 akan punya kursi legislator.

“Begitupula, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan dari lima kursi naik menjadi tujuh kursi. Di DPRD Hulu Sungai Tengah (HST), Nasdem akan bisa merebut empat kursi yang mengisi setiap dapil, jika sebelumnya hanya satu kursi,” papar Rozanie.

BACA JUGA : Gelar Shalat Hajat, Nasdem Ingin Para Calegnya Terpilih di Pemilu 2019

Berikutnya, beber dia, DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) akan diisi dua wakil rakyat asal Nasdem, dan tetangganya, DPRD Balangan hasil Pemilu 2019 bisa menambah satu kursi, dari awalnya dua menjadi tiga kursi.

“Sedangkan, DPRD Tabalong, Nasdem diprediksi tetap dua kursi. Kemudian, di DPRD Banjarbaru, akan ada penambahan satu kursi, dari tiga menjadi empat kursi berdasar perhitungan internal kami,” tutur anggota DPRD Banjar ini.

Bertarung di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Rozanie mengungkapkan kemungkinan Nasdem akan bisa menambah kursi di DPRD Banjarmasin. “Jika sebelumnya hanya satu kursi, bisa bertambah dua hingga tiga kursi. Sedangkan, di DPRD Tanah Laut, sepertinya Nasdem tetap empat kursi. Insya Allah, di DPRD Tanah Bumbu tetap tiga kursi,” ungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem Kalsel ini.

BACA LAGI : NasDem Kalsel Siapkan 26.254 Saksi dan 5.250 Koordinator Saksi

Meski pada Pemilu 2014 lalu, Nasdem menguasai Kotabaru, Rozanie tak memungkiri terjadi penurunan mesin parpol, sehingga dari sebelumnya enam kursi terpangkas hanya jadi tiga kursi rilisan Pemilu 2019 ini.

“Yang pasti, kami menunggu keputusan resmi dari KPU setempat. Terpenting bagi kami, kepercayaan masyarakat Kalsel ini harus dijaga, apalagi dengan adanya penambahan kursi membuktikan Nasdem menjadi salah satu parpol pilihan masyarakat. Kami siap memperjuangkan aspirasi rakyat,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.