Diikuti 150 Peserta, KPU HSU Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), melakukan simulasi pemungutan dan perhitungan suara pemilihan umum, Kamis (11/4/2019) di Siring Itik, Kecamatan Amuntai Tengah.

PADA simulasi, tempat pemungutan suara (TPS) dirancang sedemikian rupa meyerupai seperti kondisi aslinya pada saat pemilihan umum 17 April nanti.

BACA: KPU HSU Gunakan Kapal untuk Distribusikan Logistik Pemilu ke Paminggir

Dalam simulasi ini, memberikan pemahan kepada PPK dan PPS saat mengerjakan tugas masing masing, dari menerima pemilih, memberikan surat suara dan memasukkan ke kotak surat suara yang tersedia.

Ketua KPU Kabupaten HSU, Rina Mei Saputri mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memberikan pengetahuan dan gambaran pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara saat pemilihan umum dan juga menghitung perkiraan estimasi waktu selama pencoblosan.

“Mudah mudahan pada acara ini berjalan dengan lancar dan juga saat pemungutan dan perhitungan suara 17 April nanti bisa berjalan dengan aman, damai dan sejuk” harap Rina.

BACA JUGA: 6.895 Boks Kotak dan Bilik Suara Dikirim ke 8 KPU di Kalsel

Sementara itu, PLt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja  dan Damkar HSU, Jumadi mengatakan,  pentingnya simulasi pemungutan dan perhitungan surat suara ini untuk memberikan pengetahuan serta gambaran saat di TPS nanti.

Jumadi juga menambahkan, simulasi ini juga untuk mempersiapkan secara detail apa apa saja harus diperhatikan seperti, estimasi waktu agar tidak terlalu lama dan masalah teknis ketika ketika di TPS.

“Simulasi ini untuk meminimalkan resiko resiko ketika pemungutan dan perhitungan suara 17 April nanti,” pungkas Jumadi.

Dalam kegiatan ini sebanyak 150 simpatisan petugas dari KPPS, PPK, PPS, Linmas serta relawan ikut dalam melaksanakan terselenggaranya simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2019.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.