3 Taman Baru Senilai Rp 5,2 Miliar Di Banjarmasin Diresmikan

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin, resmikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kemiri, di Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara, Kamis (15/2/2024).

PERESMIAN tersebut juga sekaligus meresmikan 2 taman lainnya yang dibangun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, pada Tahun 2023 yang lalu. Yakni, Taman Bawah Jembatan HKSN-Patih Masih dan Taman Jahri Saleh.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menerangkan, diresmikannya beberapa taman baru ini, adalah sebagai upaya dalam menghadirkan ruang publik yang bisa dimanfaatkan masyarakat. “Silahkan dimanfaatkan untuk interaksi masyarakat. Kemudian juga berekreasi dan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat,” ucapnya kepada awak media, Kamis (15/2/2024).

BACA: Gerakan Satu Rumah Satu Pohon, Upaya Memperluas RTH Di Banjarmasin

Penambahan sejumlah taman ini, juga dikatakan oleh Ibnu adalah komitmen Pemkot. Yakni dalam hal pengembangan RTH di Banjarmasin.

Disebutkan, sekarang ini sudah 3,1 persen yang telah terpenuhi, daru komitmen 38 hektare untuk keseluruhan Kota Banjarmasin. “Masih jauh lah. Nanti akan ditambah setiap tahunnya,” ujarnya.

Dari situ dirinya meminta kepada masyarakat sekitar, untuk dapat bisa merawat dan menjaga, taman-taman yang telah diresmikan pada hari ini.

“Agar bisa menjadi tempat yang nyaman. Jangan sampai nanti taman ini dimanfaatkan untuk kegiatan yang tidak baik,” tuturnya.

Dan sebagai tindakan pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan, kedepannya pada beberapa taman itu akan dipasangkan CCTV, sebagai sarana pengawasan dan pemantauan.

BACA JUGA: Baru Bisa Penuhi 4% RTH di Banjarmasin, Berbiaya Miliaran DLH Jor-Joran Bangun Taman

Sebagai informasi, di Tahun 2023 Pemkot Banjarmasin mengeluarkan anggaran sebesar Rp 5,2 miliar lebih, yang bersumber dari APBD untuk membangun beberapa fasilitas RTH di Kota Banjarmasin.

Rinciannya, Rp 1.637.998.612 untuk Taman Kemiri di Sungai Andai, Rp 968.920.172 untuk pengerjaan taman bawah Jembatan HKSN-Patih Masih.

Kemudian untuk pembangunan taman di Jahri saleh menelan anggaran sebesar Rp 1.035.585.000, serta terakhir pengerjaan lanjutan untuk rehab Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja sebesar Rp 1.609.174.000.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.