Dites IVA, Warga Binaan Lapas Perempuan Martapura Negatif Kanker Rahim

0

RATUSAN warga binaan di Lapas Perempuan Martapura mengikuti deteksi dini kanker rahim lewat pemeriksaan inspeksi visual asam aselat (IVA), Rabu (19/12/2018).

PEMERIKSAAN yang berlangsung di Aula Lapas Perempuan Martapura olah kerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar serta Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar. Para penghuni penjara khusus ini diberi kesempatan untuk melakukan tes IVA, demi mengetahui potensi dini kanker rahim secara gratis.

BACA : Satu-Satunya Lapas Khusus Perempuan Dibangun di Martapura

Begitu nanti diketahui dari hasil pemeriksaan, warga binaan yang positif kanker rahim atau serviks dapat diobati secepatnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah mengataan tes IVA  sangat penting untuk perempuan guna mengetahui apakah ada gejala kanker pada dinding rahimnya.

“Saya berharap para warga binaan untuk mengikuti tes IVA, karena akan sangat berguna bagi kesehatan alat reproduksi perempuan,” ujar istri Bupati Banjar H Khalilurrahman.

BACA JUGA : Cegah Kanker Serviks, Ratusan Pekerja Perempuan Kebun Sawit Ikuti Tes IVA

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah menyampaikan agar warga binaan selalu menjaga kesehatan mereka.

“Ternyata dari tes IVA, semua negatif terkena kanker rahim. Nah, jika ada warga binaan yang positif kanker,  maka  akan segera bisa diketahui dan kita lakukan tindakan pengobatan, ” ujar Ikhwansyah.

Kegiatan itu merupakan wujud dari kesepakatan kerjasama antara PKK dengan Lapas Perempuan dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah bersama Kalapas Perempuan Kelas II Kabupaten Banjar, Yunengsih.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.