ACT

Satu-Satunya Lapas Khusus Perempuan Dibangun di Martapura

0 694

USAI membentuk Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, kini Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan berencana segera membangun Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA yang juga berlokasi di Martapura, Kabupaten Banjar. Untuk sementara, LPP ini masih ‘nebeng’ LPKA Martapura, karena lokasi pembangunan penjara khusus perempuan itu bersampingan di Jalan Pintu Air Tanjung Rema Darat, Martapura.

NAH, di lokasi areal pembinaan pertambakan diungkapkan Plh Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kemas Hamzah Zain akan segera dibangun LPP Martapura sebagai salah satu pelaksanaan prioritas Nawa Cita Presiden Joko Widodo. “Nantinya, LPP ini dapat meningkatkan fungsi pelayanan, perawatan, pembinaan, pengawasan khusunya terhadap tahanan dan narapidan perempuan serta mengurangi overkapasitas yang ada di rutan dan lapas di Kalimantan Selatan,” tutur Kemas Hamzah Zain, di Martapura, Rabu (3/5/2017).

Saat ini, jumlah narapidana dan tahanan perempuan mencapai 400 orang, terdiri dari 380 orang perempuan dewasa dan 2 anak perempuan. Kemudian, tahanan perempuan tercatat ada 18 orang. Untuk mendukung operasional LPP Martapura, dilantik Kepala LPP Kelas IIA Martapura pertama, Yunengsih serta dibantu 5 pejabat eselon IV dan 8 orang eselon II. Kemudian, LPP Kelas IIA Martapura akan menambah 17 unit UPT dan merupakan satu-satunya lapas khusus perempuan di Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Sumber : Rilis Kanwil Kemenkumham Kalsel

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.