KPU Banjarmasin Pastikan Tak Ada Pengidap Kejiwaan Masuk DPT

0

PEMILIK suara dalam Pemilu 2019 di Banjarmasin yang tercover dalam daftar pemilih tetap  hasil perbaikan kedua (DPT-HP2) sebanyak 447.049 orang, dipastikan belum mencover orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ).

KOMISIONER KPU Kota Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah mengungkapkan dalam DPT-HP2 yang telah ditetapkan dalam rapat pleno beberapa waktu lalu, terdiri dari  220.336 untuk pemilih perempuan dan 226.713 bagi laki-laki di lima kecamatan yang ada di Banjarmasin.

“Nah, dalam DPT-HP2 itu tidak satu pun pemilih yang merupakan orang dengan gangguan kejiwaan atau pengidap penyakit kejiwaan,” ucap komisioner yang membidangi data pemilih di KPU Banjarmasin kepada jejakrekam.com, Minggu (2/12/2018).

BACA : Sebaiknya Penderita Gangguan Kejiwaan yang Sudah Sembuh Boleh Memilih

Rahmiyati menjelaskan mengapa para pemilih dari kalangan pengidap penyakit kejiwaan tak masuk ke DPT, karena kebanyakan berada di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum di Jalan Gubernur Syarkawi, Gambut, Kabupaten Banjar.

“Jadi, kemungkinan mereka tercatat dalam DPT Kabupaten Banjar, walau merupakan warga Banjarmasin,” ucap Rahmiyati.

Ia mengatakan saat ini masih dalam proses pemutakhiran data pemilih untuk kalangan difabel. Diakui Rahmiyati, penambahan jumlah pemilih disabilitas masih dalam proses verifikasi faktual di lapangan. “Untuk jumlah pastinya, belum kami ketahui persis. Ya, karena datanya masih diverifikasi,” kata Rahmiyati.

BACA JUGA : 85 Pengidap Gangguan Kejiwaan di Balangan Termasuk DPT Pemilu 2019

Sedangkan, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Esya Zain Hafizie menyebut ada 33 penghuni Rumah Singgah Baiman, termasuk orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ).

Sebelumnya, pada rekapitulasi DPT-HP1 untuk Pemilu 2019, berjumlah 420.382 pemilih yang tersebar di lima kecamatan dengan 1.870 TPS. Namun dari hasil rekapitulasi DPT-HP2 yang diplenokan mengalami kenaikan sebanyak 26.667 orang. Atas tergerek sebanyak 447.049 pemilih. Rinciannya, 220.336 untuk pemilih perempuan dan 226.713 bagi laki-laki di lima kecamatan yang ada di Banjarmasin.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.