Dihadiri Paman Birin, Puncak Aruh Ganal Dayak Loksado Berlangsung Malam Minggu

0

MASYARAKAT adat Dayak Loksado di Pegunungan Meratus, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersiap untuk menghelat aruh ganal bawanang banih halin. Ritual adat ini akan dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akrap dipanggil Paman Birin.

KETUA Majelis Agama Kaharingan Indonesia (MAKI) Kalimantan Selatan Ayal Kusal mengungkapkan segala persiapan untuk upacara adat Dayak Loksado, terus dilakukan. Upacara adat ini disebut Aruh Ganal yang diberi tema bawanang banih halin dan puncaknya pada Sabtu (29/9/2018) malam atau malam Minggu.

“Kami telah mengundang Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Beliau menyatakan sangat setuju kegiatan adat kami  yang terus dilestarikan. Kalau tidak ada halangan, Paman Birin akan hadir,”  Ayal Kusal kepada wartawan di Banjarbaru, Jumat (28/9/2018).

Damang Ayal Kusal juga mengungkapkan, sejumlah ritual adat Dayak Loksado akan ditampilkan pada aruh ganal tersebut. Bahkan, beber dia, sejumlah Lembaga Adat Dayak dari Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur juga telah diundang, serta siap menghadirinya.

“Upacara aruh ganal kami pusatkan di Balai Adat Malaris di Desa Saluk Lahung, Kecamatan Loksado. Masyarakat umum juga kami undang untuk menghadiri upacara adat ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.