24-26 Agustus 2018, Pemprov Kalsel Gelar Festival Budaya Pasar Terapung

0

SEKDAPROV Kalsel Abdul Haris Makkie membuka Festival Budaya Pasar Terapung Tahun 2018, Jumat (24/8/2018).

FESTIVAL Budaya Pasar Terapung 2018 berlangsung pada 24 hingga 26 Agustus 2018 di Banjarmasin, dan dipusatkan di kawasan Tugu Nol Kilometer, yang berada di bataran Sungai Martapura.

Berbagai kegiatan digelar, seperti parade budaya, fashion Banjar, Sinoman Hadrah, permainan tradisional, festival kuliner Banjar, festival kain tradisional sasirangan, dan dekorasi perahu tradisional, dan banyak lagi, termasuk penampilan diva Indonesia, Rossa, pada Sabtu (25/8/2018) malam.

Abdul Haris Makkie mengatakan, festival ini sebagai wujud perhatian dan kepedulian, serta komitmen bersama untuk melestarikan seni dan budaya di Kalsel.

“Ini upaya kita membangun citra positif Kalsel di kancah nasional maupun internasional, serta untuk memperkenalkan budaya sungai yang dimiliki Kalsel, dan ini berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu,” katanya.

Diungkapkannya, pasar terapung merupakan tradisi perdagangan suku Banjar yang sudah turun-temurun.

“Keunikan budaya ini adalah satu-satunya di Indonesia. Sungai bagi warga Banua adalah urat nadi perekonomian dan kehidupan sosial dan budaya,” katanya.

Menurutnya, warga Kalsel harus bangga dengan pasar terapung. “Kita berharap festival ini akan terus berkembang dan menjadi pusat perhatian masyarakat yang ada di luar Kalsel, bahkan yang ada di luar negeri. Even ini terus kita benahi dan kita sempurnakan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.