SMRC Hitung Achmad Fikry Berpotensi Bupati HSS Kembali dengan 64,92 Persen Suara

0

TIM relawan diterjunkan lembaga survei Saiful Mujani Research &  Consulting (SMRC) di tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) pada Rabu (27/6/2018). Hasilnya, dari 200 TPS yang dijadikan sampel quick count telah menunjukkan angka perolehan suara, dari versi SMRC juga mengunggulkan calon petahana Bupati-Wakil Bupati HSS, HA Fikry-Syamsuri Arsyad jauh meninggalkan penantangnya, HM Najamuddin-HM Ridha.

DENGAN menggunakan metode stratified-cluster random sampling, SMRC pun mematok margin of error dari versi hitung cepatnya diperkirakan hanya 1,56 persen. Dari siaran pers yang dikirim SMRC kepada jejakrekam.com, Rabu (27/6/2018), Koordinator Area Kalsel, Ismayudi mengungkapkan dari margin error yang ada, maka tingkat kepercayaan hasil quick count mencapai 95 persen.

“Ini artinya, quick count yang ada dapat menyimpulkan hasil bisa selisih kedu apasangan calon lebih dari 3,12 persen, yakni lebih dari dua kali moe,” ucap Ismayudi.

Ia menjelaskan di masing-masing wilayah, dipilih TPS secara systematic random sampling dengan jumlah proporsional. Total TPS quick count sebanyak 200 TPS. “Dari seluruh suara sah di 200 TPS terpilih ini menjadi sample quick count. Artinya, populasi adalah seluruh pemilih yang datang ke TPS dan memilih secara sah yang tersebar di seluruh TPS,” kata Ismayudi.

Dari hasil quick count ini, Ismayudi mengungkapkan telah menunjukkan bahwa pasangan Achmad Fikry-Syamsuri Arsyad meraih suara terbanyak 64,92 persen, unggul di atas pasangan HM Najamuddin-Muhammad Ridha dengan modal 35,08 persen suara.

“Dari selisih suara kedua pasangan calon yang bertarung di Pilkada HSS, signifikan secara statistik sehingga diprediksi Achmad Fikry akan kembali menjadi bupati, didampingi Syamsuri Arsyad sebagai wakil bupatinya,” tegas Ismayudi.(jejakrekam)

 

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.