Bulan Mei Ruas Jalan Pasar Lama Laut Harus Steril Dari Pedagang

0

RENCANA penataan dan normalisasi jalan, sepanjang Jalan Pasar Lama Laut dipastikan akan dilakukan secepatnya.

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin pun menargetkan, paling lambat penataan ini akan dilakukan bulan Mei mendatang.

Hal ini di ungkapkan Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Febry Ghara Utama, bahwa selambat-lambatnya di bulan Mei itu jalan pada kawasan tersebut sudah harus steril.

BACA: Penataan Pasar Lama Tetap Sesuai Jadwal, Dilaksanakan Secepatnya Usai Pemilu

Sebab, berdasarkan jadwal dan timeline dari Pemerintah Kota Banjarmasin, yakni selama enam bulan, atau pada Mei nanti.

Hingga saat ini, pihaknya sudah melakukan tiga kali sosialisasi terkait kawasan tersebut harus steril. Pedagang pun dikatakannya sudah mengetahui rencana itu.

Bahkan, hingga dari Satpol PP juga melakukan sosialisasi secara berkelanjutan di sana. “Setelah sosialisasi sosial, kami nanti akan melakukan pendekatan lagi bagaimana nanti terkait jalan tersebut agar normal,” katanya, Kamis (29/2/2024).

Namun dirinya belum bisa memastikan, apakah nanti akan ada penertiban kepada para pedagang atau tidak. Sebab jika sosialisasi berjalan dengan kondusif dan lancar, bukan tidak mungkin pedagang akan berpindah dengan sendirinya.

“Kami juga belum membahas apakah nanti akan ditertibkan atau direlokasi,” jelasnya.

BACA JUGA: Hanya Pemetaan, Pedagang Pasar Lama Sikapi Beragam Rencana Penertiban Lapak Dagangan

Penataan yang akan dilakukan, diungkapkannya adalah sepanjang 300 meter. Dari jalan masuk samping Jembatan Pasar Lama, hingga keluar di dekat Jembatan Sulawesi.

Setelah ditata dan normalisasi, nantinya ruas jalan harus steril selebar 6 meter. yang mana selama ini lebar yang ada hanyalah satu meter saja.

Hal ini dikatakan Febry, karena pedagang ada yang tumpang tindih. Makanya, jika ini tertib maka fungsi jalan di sana akan kembali lagi. “Ini normalisasi jalan, bukan penggusuran,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.