BPOM Nyatakan Makanan Pasar Ramadhan Aman

0

BALAI Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Banjarmasin bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong langsung menguji 186 sampel makanan yang ada 7 Pasar Ramadhan yang tersebar di beberapa titik di Kabupaten Tabalong, Rabu (7/6/2017).

HASILNYA cukup menggembirakan, ternyata semua sampel makanan yang dicek itu dinyatakan aman untuk dikonsumsi. Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Tabalong, H Ahmad Baihaki pun mengaku gembira karena warga sudah memahami pentingnya untuk menjaga kualitas dan keamanan bahan makanan yang dijualbelikan di Pasar Ramadhan.

“Kami memang terus menyosialisasikan agar warga yang memiliki usaha makanan rumahan untuk tak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti borak, rodamin serta zat-zat terlarang lainnya. Dengan adanya pemeriksaan dari Balai Besar POM Banjarmasin, tentu para pedagang sudah sepatutnya mengedepankan makanan yang aman dikonsumsi,” ucap Ahmad Baihaki kepada jejakrekam.com di Tanjung, Rabu (7/6/2017).

Ia pun mengajak agar para konsumen menjadi pembeli yang bijak, terutama bisa membedakan antara makanan yang mengandung zat berbahaya dan tidak. “Biasanya warna makanan yang mengandung bahan berbahaya lebih mencolok dibandingkan makanan sehat,” tuturnya.

Hasil uji laboratorium dari Balai Besar POM Banjarmasin dan Dinas Kesehatan Tabalong ini disambut Heni. Pedagang Pasar Ramadhan Sarabakawa Tanjung ini mengaku selalu menjaga kualitas dan keamanan barang dagangannya. “Setiap tahun, dagangan saya selalu diperiksa. Alhamdulillah, tak pernah mendapat teguran,” ucap Heni. Dengan adanya pemeriksaan rutin itu, Heni mengajak para pedagang lainnya untuk berhati-hati saat menerima barang dagangan titipan dari orang lain.

Pengecekan bahan makanan yang dijual di Pasar Ramadhan ini dilakukan di 7 lokasi. Yakni, Pasar Ramadhan Kelua dengan 12 sampel, Pasar Ramadhan Sarabakawa sebanyak 51 sampel, dan Pasar Ramadhan di Pusat Kuliner Mabu’un dengan 7 sampel. Kemudian, 9 sampel di Pasar Ramadhan Pasar Jangkung, 13 sampel di Pasar Ramadhan Kapar, lalu 12 sampel di Pasar Ramadhan Simpang Tiga Hikun, serta 12 sampel makanan dari Pasar Lama Murung Pudak.(jejakrekam)

Penulis : Hery Yusminda

Editor  : Didi G Sanusi

Foto     : Blogger Sisters

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.