Tebing Sungai Longsor, 5 Rumah Terancam Ambruk

0

LONGSOR yang terjadi di tebing sungai sepanjang puluhan meter dan tinggi satu meter, akibat naiknya debit air Sungai Batang Balangan terjadi  di Desa Buntu Karau, Kecamatan Juai, pada Jumat (26/5/2017) dinihai. Akibatnya, lima buah rumah bagian miliki warga desa itu ikut rusak akibat ambruk.

BERUNTUNG ambruknya bagian belakang rumah warga ini, tidak terlalu parah dan memakan korban jiwa hanya mengambrukan bagian belakang yang rata-rata digunakan warga sebagai dapur dan WC

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Alive Yoes Love mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 05.00 pagi yang menyebabkan lima rumah terdampak. Kelimah rumah itu adalah milikJuhran, Yamuna, Tiwara, Hamsi dan Tasiah dengan total 14 jiwa dari lima kepala keluarga.“Longsor diakibatkan hujan deras sehingga merembesnya air kedalam tanah dibantaran sungai hingga terkikis dan longsor,’’ ujar Alive.

Meski tidak korban jiwa,  Alive mengungkapkan kerugian dari kerusakan lima buah rumah yang dialami warga diperkirakan sebesar Rp 50 juta lebih. Sementara ini,  BPBD Balangan sudah memberikan bantuan berupa bahan sembako dan keperluan lainnya bagi kelima kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga meminta warga untuk waspada terhadap terjadi longsor susulan, khususnya bagi warga yang rumahnya berada persis di pinggir sungai. “Kami mengimbau agar warga selalu waspada, potensi terjadi longsor. Terlebih saat ini debit air naik, karena longsor rawan terjadi saat seperti itu. Kami juga meminta masyarakat melaporkan jika ada tanda-tanda lingkungan disekitarnya rawan banjir,” pungkas Alive.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto      : Sugianoor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.