ACT

Ternyata Buah Durian Menurunkan Kalesterol Jahat

0 159

BANYAK info yang beredar bahwa durian itu tinggi kolesterol sehingga menyebabkan hiperkolesterolemia (kadar kolesterol dalam darah tinggi). Padahal yg sebenarnya kandungan kolesterol dalam durian itu sangat rendah.

HAL ini diungkap Dokter Meldy Muzada Elfa kepada jejakrekam.com , Sabtu (18/1/2020). Dikatakannya dimana dalam 100 gram durian mengandung 150 kalori yang terdiri dari karbohidrat, protein dan lemak.

BACA : Silahkan Dinikmati, Makan di Tempat, Tak Boleh Dibawa Pulang

Dokter Meldy yang juga Wakil Direktur Rumah Sakit Islam Banjarmasin ini mengatakan keunggulan buah durian dilihat dari kandungannya. “Justru daging durian mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipid/LDL) dan trigliserida,” ujarnya.

Akan tetapi dokter muda yang juga Ketua Dewan Pimpinan Muhamadiyah Kalsel ini mengingatkan ancaman untu penderita diabetes. “Perlu diingat, bahwa durian termasuk buah berkalori tinggi, sehingga penderita kencing manis (diabetes) sebaiknya membatasi makan daging durian,” imbaunya.

BACA JUGA : Siapkan 30 Ribu Buah Durian Gratis untuk Masyarakat

Sedangkan pendapat yang menyebutkan bahwa durian meningkatkan tekanan darah, hal tersebut belum dapat dibuktikan secara ilmiah. “Dikarenakan durian mengandung kalori yang tinggi, maka mungkin akan berpengaruh secara tidak langsung dengan meningkatnya gula darah. Pada penderita diabetes akan menyebabkan beban jantung meningkat, yang mungkin saja akan meningkatkan tekanan darah,” bebernya.

“Tapi sekali lagi saya tekankan bahwa pebelitian secara ilmiah belum saya dapatkan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.