Silahkan Dinikmati, Makan di Tempat, Tak Boleh Dibawa Pulang

0

SEBANYAK 42.000 biji durian diangkut 10 buah truk untuk dimakan warga yang datang ke objek wisata alam Kiram Park, Desa Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalsel, Sabtu (18/1/2020).

GUBERBUR Kalsel H Sahbirin Noor selaku ‘tuan rumah’ mempersilahkan kepada warga yang datang untuk makan durian sepuasnya. Hanya dalam hitungan 20 menit, 42.000 biji durian ludes.

“Silahkan menikmati. Aturannya makan di tempat dan tidak boleh dibawa pulang,” teriak Sahbirin melalui pengeras suara.

BACA : Siapkan 30 Ribu Buah Durian Gratis untuk Masyarakat

Panitia memperkirakan, ada sekitar 24.000 warga yang datang untuk menikmati durian gratis dari Gubernur Kalsel tersebut. Perkiraan jumlah warga yang datang itu dilihat dari antrian panjang warga menuju lokasi acara. Bahkan jalan macet hingga berkilo-kilo meter. “Alhamdulillah, seperti yang disampaikan panitia, ada sekitar 24 ribu warga yang datang ke Kiram ini untuk menikmati durian gratis,” ungkap Sahbirin.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang datang tidak kebagian durian. Andre misalnya, warga Banjarmasin ini rela menempuh perjalanan puluhan kilo meter hanya untuk menikmati durian, namun tidak kebagian. “Sudah datang jauh-jauh, tapi saya tidak dapat mas. Soalnya terlalu ramai dan takut berdesakan, kalah cepat dengan yang lain,” ujarnya.

Sementara itu, Iwan, warga Banjarbaru, cukup beruntung. Ia kebagian 4 buah durian. Makanya, Iwan berharap tahun depan setiap warga yang datang diberi semacam kupon yang ditukar dengan durian. “Agar setiap warga yang datang semuanya bisa kebagian durian gratis,” katanya.

BACA JUGA : Rebutan Durian di Kiram Park, Kepala Berdarah

Selain itu, papar Iwan, dengan kupon itu warga bisa lebih tertib dan tidak berdesak-desakan berebut durian. “Harapannya, tahun depan ada lagi acara semacam ini. Tapi kalau bisa dibagikan semacam kupon agar kita tidak berdesakan dan tertib, biar semua yang datang juga kebagian,” kata Iwan sambil menyantap durian.

Durian yang disediakan panitia didatangkan dari desa-desa penghasil durian dan dikumpulkan sedikit demi sedikit sejak seminggu lalu. Para petani durian pun mengaku senang dengan adanya acara ini.

Adi misalnya. Salah seorang petani dan pengumpul durian dari Desa Sungai Alang ini mengaku tak perlu lagi repot memasarkan durian miliknya karena sudah diborong Gubenur Kalsel. “Satu truk  berisi  5.000 biji durian dan dihargai Rp 90.000.000. Di tempat saya Gubernur beli 1 truk, dengan harga sebiji  Rp 14 ribu. Kalau ditotal semuanya 90-an juta rupiah,” ujar Adi.

Acara makan durian gratis memang sudah menjadi agenda tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, tahun ini merupakan tahun ke 3.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.