Punya Bandara Berstandar Internasional, Paman Birin : Ini Kebanggaan bagi Kalsel

0

BERSTANDAR internasional, terminal baru di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru dengan struktur berbentuk intan yang menghabiskan dana sekitar Rp 2,2 triliun telah dimanfaatkan para penumpang.

PRESIDEN Joko Widodo pun langsung meresmikan pengoperasian terminal baru yang berdiri di atas lahan seluas 77.562 meter persegi di Banjarbaru, Rabu (18/12/2019).

Terminal berslogan Jewel of Borneo ini mampu menampung 7 juta penumpang per tahun. Bahkan, areal parkir (apron) pesawat terbang mampu menampun 14 pesawat narrow body.

Terminal baru ini juga dilengkapi fasilitas yang lebih modern dibandingkan terminal lama. Dilengkapi 42 check-in counter, tiga garbarata (aviobridge) dan tiga baggage conveyor (ban berjalan).

BACA : Bandara Syamsudin Noor Diharapkan Memberi Dampak Positif Kepada Masyarakat

Tak hanya itu, untuk areal parkir kendaraan bandara yang dikelola PT Angkasa Pura 1 itu disiapkan lahan seluas 34.360 meter persegi. Dengan kelegaan itu mampu menampung 1.524 kendaraan roda empat, dan 720 kendaraan roda dua. Fasilitas umum lainnya adalah masjid yang dapat menampung 1.186 orang.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dalam sambutannya mengaku bangga memiliki bandara berstandar internasional di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru.

Ia bercerita sebelumnya telah bertemu dengan Presiden Jokowi untuk pengembangan Bandara Syamsudin Noor, terutama pembangunan terminal baru.

“Saya tiga kali bertemu dengan Pak Presiden. Pertemuan terakhir di Solo, saat itu saya menyampaikan untuk pengembangan bandara internasional di Syamsudin Noor,” ucap Sahbirin Noor.

Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini kemudian bertemu dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, hingga akhirnya mengunjungi Kalsel.

BACA JUGA : Bermodel Intan, Presiden Jokowi Resmikan Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin

Dari sini, Menhub Budi Karya Sumadi pun menyetujui untuk pengembangan Bandara Syamsudin Noor berstandar internasional. Bagi Paman Birin, sebuah kebanggaan bagi Kalsel yang telah lama mengimpikan memiliki bandara representatif dan berstandar internasional.

“Ini menjadi sejarah bagi Bumi Lambung Mangkurat. Apa yang terwujud ini merupakan hasil kerja keras dan dorongan semangat dari seluruh elemen masyarakat Kalsel. Atas nama rakyat Kalsel, kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan luar biasa kepada Presiden RI khususnya Menteri Perhubungan,” imbuh Paman Birin.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.