ACT

Ditantang Denny, Eks Ketua KPU Kalsel Prediksi Paman Birin Bakal Menang Telak

0 764

MESKI saat ini geriliya dan manuver politik terus dilakoni Denny Indrayana, namun pakar hukum tata negara Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini diprediksi sulit untuk menaklukkan sang petahana, Gubernur Sahbirin Noor dalam Pilgub Kalsel 2020 mendatang.

“JIKA Denny Indrayana versus Paman Birin tersaji dalam Pilgub Kalsel 2020 mendatang, maka prediksi saya yang akan menang mutlak tetap incumbent, karena punya modal politik dan sosial yang tinggi di tengah publik Kalsel,” kata Koordinator Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI)  Kalsel, Samahuddin Muharram kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Sabtu (7/12/2019).

Meski saat ini, Denny Indrayana dikabarkan bakal disokong Partai Geindra karena kedekatannya dengan sosok Prabowo Subianto, toh Samahuddin menilai Paman Birin sebagai sosok yang merakyat masih dikenal akrab masyarakat Kalsel, dibandingkan Denny Indrayana.

BACA : Denny Indrayana Vs Paman Birin, Pengamat : Petahana Sudah Menang Satu Kosong

“Modal sosial Paman Birin jauh lebih tinggi dibandingkan sosok Denny Indrayana. Walau, Denny Indrayana merupakan tokoh nasional, pasti publik akan mempertanyakan selama ini apa saja sumbangsihnya bagi Banua?” cecar mantan Ketua KPU Provinsi Kalsel ini.

Samahuddin mencontohkan kebakaran hebat yang melanda Desa Sungai Bali, Pulau Sebuku, Kotabaru sepatutnya menimbulkan empati bagi para kandidat, termasuk sosok yang ingin bertarung di laga perebutan kursi orang nomor satu di Pemprov Kalsel.

“Ya, tidak usah Denny Indrayana, para anggota dewan yang sudah jadi wakil rakyat pun terlihat tak menyapa warga yang jadi korban. Ini bukti kepekaan sosial yang belum ada,” ucap Samahuddin.

Menurut dia, sosok Denny Indrayana yang tiba-tiba muncul sebagai penantang sang petahana, Paman Birin jelas akan dilihat sisi plus dan minusnya. Hingga kini, Samahuddin menyebut justru modal sosial dan politik semacam itu belum dimiliki seorang Denny Indrayana.

Malah, dosen FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini memprediksi justru Denny Indrayana tak akan maju lewat usungan parpol. Menurut dia, kans Denny Indrayana justru lebih terbuka melalui jalur independen atau non parpol.

BACA JUGA : Pertama Serahkan Berkas ke PKS, Denny Indrayana Janji Tak Pakai Politik Uang

“Saya prediksi Denny Indrayana akan maju di jalur independen. Sebelum memutuskan maju lewat jalur usungan koalisi parpol, tentu seorang kandidat itu harus bisa membaca situasi parpol yang ada di Kalsel,” papar Staf Khusus Gubernur Kalsel Bidang Politik ini.

Ia mengakui saat ini ada sejumlah parpol yang didekati Denny Indrayan seperti Partai Gerindra, PKS, Partai Demokrat dan lainnya. Hanya saja, Samahuddin ragu apakah parpol-parpol tersebut akan menyokong Denny Indrayana sebagai kandidat Gubernur Kalsel.

“Banyak variabel yang akan menentukan, termasuk parpol tentu juga akan melihat rekam jejak atau track record seorang Denny Indrayana. Terutama, soal kepekaan dan modal sosial yang ada di tengah masyarakat Kalsel,” tuturnya.

BACA LAGI : Angkat ‘Abah’, H Abidin Beri Sinyal Gerindra Dukung Denny Indrayana

Bahkan, Samahuddin malah meyakini justru Paman Birin yang saat ini tengah dikabarkan bakal diduetkan dengan sejumlah figur seperti mantan Walikota Banjarmasin yang juga Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin, mantan Wakil Gubernur Kalsel yang juga anggota DPRD Kalsel HM Rosehan Noor Bachri hingga Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid, bisa berpotensi melawan kotak kosong.

“Saat ini, arah politik dari parpol yang ada justru masih berkiblat ke sosok petahana, Paman Birin. Makanya, potensi besar Paman Birin melawan kotak kosong dalam Pilgub Kalsel nanti jauh lebih terbuka,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.