Dirgahayu

Investigasi Sistem yang Eror, Bank Mandiri Jamin Uang Nasabah Aman

KERTAS berisi pengumuman ditempel pihak Bank Mandiri Cabang Pangeran Samudera dan Lambung Mangkurat guna menenangkan nasabah yang menyerbu kantor perbankan itu, lantaran saldo tabungannya berubah drastis hingga berkurang jutaan hingga puluhan juta, Sabtu (20/7/2019).

DALAM pengumumannya, Bank Mandiri menyatakan ada kendala yang dihadapi, dan tengah diinvestigasi. Pihak bank pun menjamin tidak ada dana nasabah yang berkurang.

Proses normalisasi data tengah berjalan, sehingga para nasabah Bank Mandiri bisa memeriksa saldo melalui e-channel bank tersebut. Begitu pernyataan dari kertas berisi pengumumannya yang ditempel di depan pintu masuk Bank Mandiri.

Vice Presiden Bank Mandiri Area Banjarmasin, Adi Mulya menegaskan di hadapan para nasabah yang mendatangi kantor cabang bank itu, memastikan kendala yang dihadapi akibat perubahan sistem.

“Kami berusaha untuk membenahi sistem ini supaya kembali normal. Kami menjamin uang nasabah tidak hilang, asalkan bukti transaksi jangan hilang. Silakan saja nasabah bertransaksi, dijamin uang nasabah aman,” ucap Adi Mulya.

BACA : Saldo Berkurang Di Rekening, Nasabah Serbu Bank Mandiri Banjarmasin

Ia mengakui sistem transaksi hingga terlihat saldo berkurang, akibat tidak updatenya terutama untuk tanggal transaksi 18 Juli dan 19 Juli 2019. “Khusus di Banjarmasin, kami sudah membenahi sistem sejak pagi. Insya Allah, sore nanti sudah berfungsi normal kembali. Nanti, akan kami berita keterangan resmi lebih lanjut terkait masalah ini,” tegas Adi Mulya.

Sementara itu, Sidik, salah satu nasabah Bank Mandiri mendatangi kantor bank ini di Jalan Pangeran Samudera. Ia mengaku mendapat informasi soal berkurangnya saldo dari pesan berantai serta berita yang ada di media online nasional.

“Begitu saya datangi Bank Mandiri Cabang Pangeran Samudera, ternyata sudah banyak nasabah di sini. Terpaksa, saya ikut antre untuk mengecek saldo yang ada di rekening tabungan saya,” ucap Sidik.

BACA JUGA : LPS Jaga Stabilitas Sistem Perbankan Nasional

Senada itu, Wahyu, nasabah Bank Mandiri lainnya juga mendatangi kantor cabang di Jalan Lambung Mangkurat. Menurut dia, erornya sistem transaksi membuat saldo rekeningnya berkurang.

“Rencananya, hari ini, saya hendak bertransaksi ke ATM. Ternyata, saya cek, saldo saya berkurang hingga Rp 50 juta,” ucap Wahyu, diakuri beberapa nasabah lainnya.

Menurut dia, sejak lama dirinya menjadi nasabah terhitung sejak 2012 lalu, baru kali ini kejadian yang dialami, setelah sistem perbankan itu eror, hingga berimbas pada rekening tabungannya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin/Sirajuddin
Editor Didi GS