Tim SAR Gabungan Evakuasi Penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera 1

0

TIM SAR gabungan berhasil mengevakuasi penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera I. Kapal tersebut terbakar, Minggu (2/12/2018).

PENUMPANG dan ABK KM Gerbang Samudera 1 yang selamat dikumpulkan di gedung Gapura Surya Nusantara untuk pemeriksaan kondisi medis.

“Penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera I yang selamat dari kebakaran dievakuasi KM Kumala, yang pada saat kebakaran berada di sekitar tempat kejadian kecelakaan, dan kemudian dievakuasi ke Surabaya,” ujar Komandan Tim Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya Satrio Nurridanto.

Data sementara yang diperoleh dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, jumlah penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera I yang diselamatkan sebanyak 130 orang. Tiga ABK yang belum ditemukan, terdiri dari satu kapten dan dua kadet.

BACA : Penumpang Selamat Sempat Terombang-Ambing Sekitar 2 Jam di Lautan

Mereka yang dievakuasi dalam kondisi selamat, yakni 72 penumpang, 31 ABK, serta 27 orang sopir dan kernet. Diantara mereka, ada tiga orang yang terluka, satu orang mengalami luka bakar, satu orang kakinya terkilir, dan satu orang mengeluhkan sesak nafas.

“Ketiga orang yang terluka dibawa ke rumah sakit PHC Surabaya untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Mereka yang mengalami luka ringan, mendapatkan penanganan medis di titik kumpul,” beber Satrio.

Berdasarkan keterangan dari ABK KM Gerbang Samudera I, kapal terbakar tidak lama setelah bertolak dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke Banjarmasin, yakni sekitar pukul 01.00 WIB. Tempat Kejadian Kecelakaan di sekitar perairan laut Lulau Karang Jamuang, tepatnya di koordinat 06° 35′ S 112° 54′ E.

BACA JUGA : Kapal Terbakar Subuh Hari, Selamatkan Diri Penumpang Lompat ke Laut

Selain KM Kumala dan tim operasi Kantor SAR Surabaya, sejumlah pihak juga ikut dalam upaya evakuasi para penumpang dan ABK KM Gerbang Samudera I, diantaranya KN SAR 225 Widura, Syahbandar Tanjung Perak, KN Grantin, Ditpolair Polda Jatim, Polres Tanjung Perak, KKP, DLU, Linmas kota Surabaya, Dinkes dan Dinsos kota Surabaya, Lantamal V dan PT Pelindo III Tanjung Perak.

Tim KN SAR 225 Widura masih melakukan pencarian tiga orang ABK KM Gerbang Samudera I yang belum ditemukan.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.