Penumpang Selamat Sempat Terombang-Ambing Sekitar 2 Jam di Lautan

0

SETELAH KM Niki Sae tiba di Pelabuhan Trisakti, tim penyelamat masih menunggu tibanya KM Kumala yang juga mengevakuasi penumpang KM Satya Kencana IX yang terbakar di sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

ADA 84 orang dari KM Satya Kencana IX, terdiri dari 71 penumpang selamat dan 13 ABK selamat, yang diangkut KM Kumala. Estimasi tiba di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sekitar pukul 20.00 Wita.

Sebelumnya, sudah dievakuasi ke KM Niki Sae, yang total 141 orang, terdiri dari 111 penumpang selamat dan 29 ABK selamat, serta satu penumpang yang meninggal dunia.

Evakuasi dilakukan beberapa kapal, seperti KM Laksaman, KM Niki Sae, KM Kumala, dan TB Bina Marine.

Jumlah penumpang KM Satya Kencana IX sebanyak 230 orang, terdiri dari 198 penumpang dan 32 ABK. Dimana, 229 orang dinyatakan selamat, dan satu orang meninggal dunia.

Kebakaran diduga dari bagian bawah atau bagian mesin dari KM Satya Kencana IX. Ada pula informasi mengatakan, kebakaran bermula dari salah satu truk yang diangkut KM Satya Kencana.

Pertolongan pertama dilakukan beberapa kapal, seperti KM Niki Sae, KM Kumala, KM Bina Marine, serta dari Kantor Basarnas Banjarmasin. Penumpang sendiri sempat terombang-ambing di lautan sekitar dua jam. KM Satya Kencana IX mulai terbakar sekitar pukul 05.30 Wita.

Korban meninggal dunia diduga merupakan salah satu sopir ekspedisi pengangkut barang dari Surabaya menuju Banjarmasin.

Sementara itu, puluhan ambulance rescue dan emergency gabungan di Banjarmasin sudah bersiaga di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin. Keberadaan mereka untuk proses penyelamatan penumpang KM Satya Kencana IX, yang terbakar di sekitar 54 mil barat daya Tanjung Selatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.