Haul Habib Abdullah di Alalak Jadi Ajang Reuni Keluarga Besar Al Balghaits

Foto : Didi GS

HAUL Habib Abdullah bin Umar bin Husien Al Balghaits sekaligus peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Kompleks Kubah Habib Baghaits, Jalan Alalak Tengah RT 15, Kelurahan Alalak Tengah, Kecamatan Banjarmasin Utara, berlangsung khidmat dan menjadi ajang silaturahmi keluarga besar Albaghaits dengan para jamaah, Sabtu (20/11/2018).

RATUSAN jamaah menghadiri haul tokoh agama yang turut menyebarkan agama Islam di kawasan Alalak dan sekitarnya. Acara ini makin semarak dengan kehadiran Habib Aiman Al-Habsyi dari Hadramaut, Yaman serta Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Said Ismail Al Balghaits. Komplek pemakaman keluarga besar Albaghaits ini makin semerbak dengan harum-haruman dari bunga melati.

Di hadapan ratusan jamaah, Habib Aiman pun mengingatkan untuk terus meneladani sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW serta mengamalkan ajarannya bersumber dari Alqur’an dan Alhadits. Bahkan, Habib Aiman yang berceramah menggunakan penerjemah bahasa mengajak bagi anak yang hafal minimal 10 juz Alquran bisa bersekolah di madrasahnya yang ada di Hadramaut, Yaman.

BACA : Belajar Tawadhu-Istiqomah dari Habib Salmin Al Balghaits

Hal senada juga diungkapkan Habib Said Ismail yang mengingatkan pentingnya untuk mendidik anak-anak dengan Alquran dan membiasakan diri dengan kitab suci ini.

Apalagi, menurut Habib Said Ismail, saat ini kehidupan sehari-hari sudah sangat akrab dengan media sosial (medsos) dan internet yang hanya bisa dipegang dalam genggam tangan lewat ponsel pintar.

Dia pun mengajak keluarga besar Albaghaits untuk tetap memegang jalan lurus yang diajarkan para leluhur, khususnya mengikuti sunah Rasulullah SAW.

Dalam haul kali ini, banyak keluarga besar Albaghaits yang berdatangan. Tak hanya dari kawasan Alalak dan Berangas, Barito Kuala, juga dari Sampit, Kapuas (Kalteng), Samarinda, Balikpapan (Kaltim), serta dari Jakarta dan Surabaya, serta kota-kota lainnya.

“Haulan Habib Abdullah bin Umar bin Husien Albaghaist merupakan silaturahim tahunan bagi keluarga besar kami. Ya, para zuriat Albaghaits bisa berkumpul di saat acara haulan di Alalak ini,” ucap Habib Ismail Albaghaist kepada jejakrekam.com, Sabtu (20/11/2018).

BACA JUGA : Peringati Haul Guru Sekumpul, Jamaah ‘Putihkan’ Jalan Alalak Utara

Wagub Kalteng ini mengungkapkan apa yang diajarkan Habib Abdullah Al Balghaits adalah agar selalu belajar sabar, dermawan dan mengajarkan ilmu kepada sesama. “Beliau adalah seorang pendakwah sekaligus pedagang yang turut menyebarkan Islam di kawasan Alalak ini,” kata Said Ismail.

Menurut dia, leluhur Habib Abdullah Albaghaits berasal dari Lahij, Yaman yang kemudian merantau ke Hyderabad, kini berada di negara bagian Andhra Pradesh India. “Dari Hyderabad, kemudian leluhur kami Habib Umar Albaghaits sempat bermukim di Gresik, Jawa Timur, baru menetap di Sampit, Kotawaringin Timur,” tuturnya.

Dari keturunan Habib Umar ini, kemudian Habib Abdullah memilih menetap di Alalak Besar, sebelum dipisah wilayahnya antara Banjarmasin dan Barito Kuala (Batola).

“Makanya, banyak keturunan Albaghaits yang berada di Alalak. Sedangkan, Habib Ali, saudara beliau merantau ke Bima, Nusa Tenggara Barat dan Habib Husien menetap di Kotabaru. Yang pasti, semua keturunan Albaghaits ini menyebar di Indonesia dan negara lain,” tuturnya.

Said Ismail yang juga Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kalteng ini mengakui sempat diragukan pam Albaghaits bukan berasal dari kalangan Alawiyin, atau zuriat Rasulullah SAW dari jalur Sayyidina Husien.

“Padahal, jelas kami juga punya kitab nasab atau termasuk dalam maktab. Ya, wajar, karena ketika saya memilih jalur politik, ada-ada saja hal yang meragukan masalah zuriah ini,” kata Habib Ismail ini.

Menurut dia, dari berbagai dokumen dan kitab-kitab yang memuat silsilah keluarga, sangat jelas bahwa Albaghaits termasuk dalam golongan keluarga Alawiyyin. Sedangkan dari berbagai literatur menyebutkan  bahwa gelar Al-Balaghaits merupakan tabaruk kepada seorang waliyullah yang terkenal Abul-Ghaist bin Jamil.

“Jadi, bukan baru-baru ini. Sudah lama, kami memiliki bukti otentik garis keturunan kami. Ya, semua tercatat. Malah kalau dirunut sampai ke atas, kami bertemu dengan pam Al-Jufri atau satu rumpun, karena merupakan keturunan dari waliyullah Habib Umar bin Abdurrahman Shahib Al-Hamra,” tutur mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI utusan Kalteng ini.

Habib Ismail ini mengingatkan agar mengedepankan akhlak yang mulia, bukan membangga-banggakan garis keturunan.

“Makanya, ketika haulan Habib Abdullah Albaghaits di Alalak ini, ya ibarat reuni keluarga besar, kami selalu diingatkan untuk menjaga warisan para leluhur untuk senantiasa sabar dan selalu mencontohkan akhlak yang mulia,” tuturnya.(jejakrekam)

 

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi
Anda mungkin juga berminat
Loading...