Kejar Target, Pembangunan Wing B RSUD Muara Teweh Telan Anggaran Rp 48,7 Miliar

0

PEMBANGUNAN wing (bagian sayap) A Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh, telah rampung dan diresmikan Bupati Barito Utara H Nadalsyah pada 1 Januari 2018 lalu. Kini, Pemkab Barito Utara kembali melanjutkan pembangunan gedung wing B RSUD  setempat yang jadi rujukan daerah aliran sungai (DAS) Barito.

LOKASI proyek lanjutan gedung wing B RSUD Muara Teweh ditinjau Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingiejabat teknis dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang diwakili Kepala Bidang Cipta Karya Junaidi, manajemen PT Jaya Kontruksi (Jakon) dan lainnya.

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Nadalsyah berharap segala pekerjaan dan hal teknis lainnya dapat segera diselesaikan. Ini agar tidak ada kendala lainnya sehingga operasional gedung Wing B RSUD Muara Teweh dapat berjalan sebagaimana yang telah dijadwalkan.

“Karena pembangunan gedung Wing B RSUD Muara Teweh ini merupakan prioritas Pemkab Barito Utara saat ini dalam menunjang pelayanan kesehatan masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” kata H Nadalsyah kepada wartawan, saat peninjauan lokasi proyek.

Kemudian, Bupati Barito Utara  juga melakukan pengecekan pembangunan lanjutan waterfront city (WFC) di Jalan Panglima Batur Muara Teweh. Di kesempatan itu, Bupati Nadalsyah kembali menekankan percepatan proses pembangunan tiang utama dan tiang penyangga dapat selesai, sehingga pengecoran dan pemancangan tiang-tiang dapat terselesaikan dan semoga tidak ada kendala, terutama kondisi pasang surut DAS Barito.  “Kami harapkan pembangunan dan pekerjaan yang lainnya segera ditindaklanjuti,” kata Nadalsyah.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Barito Utara, Junaidi mengatakan pembangunan gedung baru wing B RSUD ini sebagai kelanjutan dari penyelesaian program pembangunan RSUD Muara Teweh.

“Pada APBD Barito Utara murni 2018 akan dilanjutkan penyelesaian bangunan gedung wing B dengan anggaran sebesar Rp 50,8 miliar. Anggaran ini sudah dilakukan pembahasan dan disetujui bersama dengan pihak DPRD Barito Utara. Dengan nilai kontrak sebesar Rp 48,7 miliar,” ungkap Junaidi.

Menurut dia, dengan anggaran Rp 48,7 miliar tersebut akan dilakukan pengerjaan tahap finishing di gedung wing A di lantai dua, tiga dan lantai lima. Sedangkan untuk gedung baru wing B dilakukan pengerjaan struktur pondasi, kolom, balok dan plat lantai. “Bangunan wing B RSUD ini sama dengan wing A lima tingkat (lantai), namun tahun ini dibangun terdiri dari tiga,” katanya.

Junaidi mengatakan untuk pembangunan baru gedung wing C secara bertahap akan dianalisa dan diusulkan pekerjaan fisiknya pada APBD tahun berikutnya. Kemudian, menurut dia, untuk bangunan baru gedung Wing C RSUD ini nantinya pada tahun 2019 selesai secara keseluruhan sesuai dengan desain pada maket.

Proyek pembangunan gedung baru RSUD ini digarap PT Jaya Kontruksi Manggala Pratama Tbk asal Jakarta dengan Manajemen Kontruksi (MK) PT Asta Kencana Arsi Metama Pusat asal Surabaya.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.