Abdul Malik Disumpah dan Dilantik Jadi Rektor Uniska

0

RESMI sudah Abdul Malik SPt, MSi Ph.D akhirnya dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Kalimantan (Uniska)  Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, masa bakti 2017-2021, di aula Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Sabtu (29/4/2017).

SETELAH itu, pembacaan surat keputusan dan dilanjutkan penandatanganan serah terima jabatan rektor lama Dr Mustatul kepada Rektor Uniska yang baru,  Abdul Malik.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Haris Makkie berharap, Rektor Uniska yang baru mampu membawa perguruan tinggi swasta (PTS) tertua di Kalimantan ini dalam peningkatan kualitas pendidikan, serta peningatan kualitas pengadian masyarakat. “Pemprov Kalsel mengapresiasi PTS di Kalsel, termasuk dengan adanya Uniska yang senantiasa memajukan pendidikan di daerah,” katanya. Terkait keuangan,  mantan Kepala Biro Humas Pemprov Kalsel ini mengakui ada prioritas pendidikan, terutama dana hibah dari Pemprov Kalsel.

Senada itu, Ketua Kopertis Wilayah XI Kalimantan Prof DR Idiannoor Mahyudin menyebutkan, perkembangan perguruan tinggi swasta memang semakin membaik. Bahkan, di Kalimantan sendiri kini terdapat 166 PTS, di antaranya 46 PTS ada di Kalsel.

“Perhatian pemerintah kepada PTS sangat baik, seperti jatah beasiswa, pengadian masyarakat, penelitian juga diberikan yang sama dengan PTN,” kata guru besar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini.

Untuk itu, Idiannoormeminta, PTS untuk mengembangkan diri, di Kalimantan, termasuk mengenai akreditasi jauh meningkat melebihi dari nilai B. Sedangkan, beber dia, pemberian dana hibah tergantung dari PTS dalam pengajuannya kepada Pemprov Kalsel. “Saya kira sangat baik jika dana hibah dari Pemprov Kalsel selalu diterima PTS,” ujarnya. Sebab, dana APBN hanya dapat digunakan untuk pembinaan penelitian dosen sertameningkatkan mutu, dan aspek legalitas saja.

Rektor Uniska Abdul Malik bertekad mengembangkan Uniska sampai di tingkat ASEAN, sebab itu pihaknya selalu menggandeng perguruan tinggi di luar negeri. “Artinya tetap membangun perguruan tinggi di Indonesia, termasuk perguruan tinggi di luar negeri,” imbuh alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini.(jejakrekam)

Penulis   : Afdi NR

Editor     : Didi G Sanusi

Foto        : Banjarmasin Post

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.