Veni, Vidi, Vici ala Paman Birin di Golkar Kalsel

0

PENGGALAN kalimat kemenangan ala Julius Caesar yang memenangkan pertempuran atas Pharnaces II dari Pontus, dalam perang Zela pada 47 SM, rupanya dipakai Gubernur H Sahbirin Noor alias Paman Birin yang tengah mengincar posisi orang nomor satu di DPD Partai Golkar Kalimantan Selatan.

VENI, vidi, visi yang berarti saya datang, saya melihat, saya telah menaklukkan dipakai Paman Birin, usai menerima surat rekomendasi dari Ketua Umum Golkar Setya Novanto (Setnov) sebagai modal maju berlaga dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Golkar 2017 yang dihelat Gedung DPP Partai Golkar di Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Menariknya, dalam bursa calon ketua, nama Paman Birin disebut-sebut sebagai kandidat terkuat. Meskipun, nama Gusti Iskandar Sukma Alamsyah yang kini ditarik ke DPP Partai Golkar, usai digantikan Fahd El Fouz A Rafiq sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Golkar Kalimantan Selatan. Gusti Iskandar yang merupakan anggota DPR RI dua periode (2002-2004 dan 2009-2014), tampaknya ‘tenggelam’ jelang detik-detik pergantian pucuk pimpinan parpol terbesar di Kalimantan Selatan.

Dalam status di media sosial, Paman Birin memposting telah berada di Jakarta. Kepada wartawan dalam beberapa kesempatan, Paman Birin memastikan untuk maju berlaga dalam Musdalub Golkar yang sebelumnya dihelat pada akhir Desember 2016, diundur ke akhir Januari 2017 itu. “Saya datang, bertanding dan menang,” ucap Paman Birin, beberapa waktu lalu. Dengan mengantongi rekomendasi dari Setnov bersama Sekjen Golkar, Idrus Marham tertanggal 18 November 2016, Paman Birin pun bisa mulus berlaga di ajang suksesi beringin 1 di Kalimantan Selatan.

Jika nantinya terpilih sebagai ketua, Paman Birin memastikan akan mengakhiri kubu-kubuan yang masih berlangsung di Partai Golkar Kalsel. Sebab, sebelumnya, Golkar terbelah dalam dua poros yakni pro Gusti Iskandar Sukma Alamsyah, dan para pendukung beringin di bawah kendali Hasnuryadi Sulaiman. Ia menjanjikan akan menyatukan seluruh kekuatan yang ada di parpol beringin yang berturut-turut sejak Pemilu 2004, 2009 dan 2014 di Kalimantan Selatan.

Benarkah Paman Birin sebagai calon kuat? Plt Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel, Murhan Effendie tak menepisnya. Apalagi, hingga Senin (30/1/2017), nama Paman Birin dikabarkan menjadi pilihan utama dari peserta Musdalub Golkar Kalsel di Jakarta. Ada perwakilan pemilik suara Golkar di 13 kabupaten dan kota Kalsel, yang telah bertolak ke ibukota Republik Indonesia.

Dengan pola pemilihan formatur, maka jalan lempang bagi Paman Birin sangat terbuka untuk memimpin Golkar sebagai kekuatan parpol yang paling diperhitungkan di percaturan politik Banua. Mantan Wakil Bupati Tabalong Murhan Effendie berharap usai pemilihan ketua terpilih, maka kepengurusan yang definitif sudah bisa terbentuk dalam menyambut proses verifikasi parpol peserta Pemilu 2019 mendatang.(jejakrekam)

Penulis : Tim jejakrekam.com

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.