Gelar Talk Show Virtual, Awod Said Apresiasi Dispersip Kalsel

0

SETELAH menghadirkan penulis muda Faisal Odang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel kembali menggelar talkshow literasi secara virtual.

KALI ini penulis buku Ayat-Ayat Cinta Abdurrahman El-Shirazi dan GM Penerbit Republika Awod Said mengisi acara Talk Show Virtual dengan tema “Kembara Rindu”, Selasa (4/8/2020).

Tema tersebut merupakan buku dari karya Kang Abik yang diterbitkan awal tahun lalu.

Kadispersip Kalsel Nurliani Dardie memaparkan, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan Penerbit Republika. Menurutnya, tidak banyak Dispersip provinsi, kabupaten dan kota lain yang seberuntung Kalsel.

“Bahkan mungkin satu-satunya di Indonesia. Kami juga berterimakasih kepada Kang Abik yang telah meluangkan waktu untuk berbagai cerita pada talkshow kali ini,” ucap Bunda Nunung sapaan akrabnya.

Awod Said mengatakan, kendati di tengah pandemi Covid-19, penerbit buku harus tetap menerbitkan karya-karya. Tak hanya penerbit, penulis juga dituntut untuk menciptakan karya tulis untuk dibukukan.

“Kemudian bagi perpustakaan, bagaimana mengadakan dan menyebarkan buku-bukunya. Ini yang selalu saya katakan, karena buku sebagai media mencerdaskan kehidupan bangsa, maka bangsa tidak boleh menghentikan kecerdasannya,” kata Awod.

BACA JUGA : Dari Jerman, Kang Abik Akan Jadi Pembicara Webinar Perpustakaan Palnam

Awod mengatakan, karya tulis yang diciptakan Kang Abik ini sangat bagus. Bukan hanya latar tempat yang mengangkat kehidupan di Pulau Sumatera saja, Awod menggarisbawahi bahwa yang terpenting dari buku ini adalah terkait konten di dalamnya.

“Di dalamnya ada konten yang perlu dicatat. Salah satunya adalah kejujuran yang dicerminkan oleh karakter di buku itu,” lugasnya.

Pada intinya, Awod mengatakan, buku yang ditulis oleh Kang Abik ini mencoba memberikan motivasi kepada pembaca, yaitu betapa pentingnya sebuah kejujuran dalam satu karakter yang ditulis di dalam buku.

“Tidak salah kalau Kepala Dispersip Kalsel yaitu Bunda Nunung menyelenggarakan bedah buku ini. Kami sangat mengapresiasi, semoga kerja sama ini bisa terjalin dalam meningkatkan literasi,” pungkasnya. (Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.