Ada Pohon Tumbang, DPRKPLH Banjar Bakal Ganti dengan 10 Bibit Pohon Baru

0

DINAS Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar akan mengganti pohon yang tumbang atau pohon yang dipangkas dengan 10 bibit pohon baru.

“INI sebagai bentuk penyelamatan dan antisipasi kerusakan lingkungan,” ucap  Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DPRKPLH Kabupaten Banjar Nur Aina kepada jejakrekam.com.

Menurut dia, untuk pohon yang sudah tumbang ataupun yang sudah dalam kondisi rawan, pihaknya di dilapangan akan terus memantau. Jika memang sudah rawan dan mengganggu kondisi masyarakat maka pohon tersebut akan di pangkas dan diganti dengan 10 bibit pohon baru.  

BACA : Waspada Cuaca Ekstrem Landa Banjarmasin, 5 Pohon Tumbang Diterjang Angin Di Cempaka Raya

Aina menerangkan, untuk memangkas ataupun menumbangkan pohon apalagi diruang publik tidak bisa seenaknya dilakukan harus dengan pertimbangan matang. Karena sama saja dapat mengurangi kadar oksigen yang ada. Karena itu wajib mengganti dengan bibit baru.

Perihal pohon tumbang di Jalan Veteran Kecamatan Martapura yang terjadi akibat hujan deras melanda di Kabupaten Banjar pada Jum’at (24/2/2023) dan Rabu (1/3/2023) lalu, Aina mengatakan tidak ada kerugian yang ditimbulkan karena pohon yang tumbang jatuh ke jalan dan pada saat kondisi jalan sedang sepi pengendara.

“Kondisnya sudah dipangkas oleh tim, nanti kami juga akan melakukan penanaman kembali diwilayah berbeda untuk mengganti pohon yang tumbang tersebut,” ujarnya.

Aina menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan mengurangi aktivitas di luar ruangan saat musim hujan, dan tidak berteduh di bawah pohon.

“Juga kalau masyarakat melihat kondisi pohon yang hampir roboh segera laporkan melalui aplikasi Lapor atau datang langsung ke DPRKPLH,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.