Waspada Cuaca Ekstrem Landa Banjarmasin, 5 Pohon Tumbang Diterjang Angin di Cempaka Raya

0

CUACA ekstrem melanda Banjarmasin dan sekitarnya. Tak hanya fenomena air pasang yang hampir tiap bulan datang, gara-gara hembusan angin kencang mengakibatkan sedikitnya lima pohon tumbang.

TUMBANGNYA pohon itu di Jalan Cempaka Raya, Komplek Agraria 1 RT 25 RW 03, Kelurahan Telaga Biru, Banjarmasin Barat, mengakibatkan aliran listrik PLN sempat padam karena kena tiang listrik pada Selasa (29/11/2022) sekira pukul 14.15 Wita.

Tak hanya itu, pohon tumbang juga menimpa papan petunjuk arah hingga miring ke arah badan jalan. Akses lalu lintas warga pun sempat terganggu.

Tak lama, petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin bersama petugas damkar dan relawan berdatangan ke lokasi untuk mengevakuasi pohon tumbang dan membersihkan sisa-sisa kerusakan yang terjadi.

BACA : Jadi Acuan Masterplan Atasi Banjir, BPBD Banjarmasin Bikin Riset Dasar Kebencanaan

“Kami terkejut karena tiba-tiba aliran listrik padam. Setelah kami keluar rumah, ternyata ada beberapa pohon tumbang,” ucap warga Cempaka Raya, H Kasful kepada jejakrekam.com, Selasa (29/11/2022).

Dia menceritakan sebelum kejadian pohon tumbang, terdengar suara gemuruh serta bunyi yang nyaring seperti ada benda yang terjatuh. “Ternyata, ada lima pohon tumbang yang menimpa tiang listrik PLN dan tiang Telkom dan papan nama petunjuk arah,” ucap Kasful.

BACA JUGA : Hadapi Banjir Rob, BPBD Banjarmasin Imbau Amankan Perabot Elektronik dan Instalasi Listrik

Ketua RT 24 Kelurahan Telaga Biru, Budiono juga membenarkan insiden itu akibat cuaca ekstrem belakangan ini melanda Banjarmasin.

“Sebelum tumbang, angin memang bertiup kencang. Mungkin karena akar tak kuat dan kondisi tanahnya yang lembek, sehingga pohon-pohon itu tumbang,” ucap Budiono.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin, Husni Thamrin mengungkapkan gara-gara kondisi tanah yang lembek, sehingga membuat lima pohon itu tumbang usai diterjang angin kencang.

BACA JUGA : Gelontor Dana Miliaran Rupiah, PUPR Banjarmasin Klaim Serius Atasi Banjir Rob

“Tanah jadi lembek dan gembur akibat beberapa hari ini memang terendam air pasang,” ucap Husni.

Dia mengungkapkan dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, akibat tumbangnya lima pohon tersebut. “Alhamdulillah, tidak ada yang jadi korban. Kami sudah melakukan pembersihan di lokasi dan mengevakuasi pohon-pohon tumbang itu,” ucap Husni.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.