Jelang Idul Adha, Harga Bawang Merah dan Putih di Pasar Lima Relatif Stabil

0

MENJELANG Idul Adha 1442 Hijriah, harga komoditas bawang merah dan putih di sejumlah pasar besar di Kota Banjarmasin terpantau stabil. Kalau pun naik, lonjakan terjadi di kisaran 1-2 ribu rupiah.

HAL itu dinyatakan oleh salah satu pedagang bawang di Pasar Lima, Burhan. Dia menuturkan harga bawang merah berada di kisaran harga Rp 25 kilogram dan bawang putih Rp 22 ribu per kilogram.

“Kalau kenaikan tak seberapa, misalnya dari Rp 25 ribu bisa jadi Rp 27 ribu,” katanya.

Kondisi serupa juga diakui Aliansyah, pedagang bumbu di Sentra Antasari juga. Ia bilang kenaikan harga biasanya terjadi jelang hari H. Itu juga hanya berkisar Rp 1 ribu.

BACA JUGA: Harga Bawang Merah dan Putih di Pasar Harum Manis Berangsur Turun

“Rata-rata seribu di sini. Kebanyakan kalau yang beli (jelang Idul Adha) itu ya penjual bumbu masak, pemilik warung, sama masyarakat umum aja,” katanya.

Kendati harga-harga relatif stabil, di sisi lain, pedagang mengeluhkan kondisi menurunnya jumlah pembeli, khususnya yang datang dari luar Kalsel.

“Omzet atau pendapatan sekarang ini agaknya memang ada penurunan, dari bulan sebelumnya, sebab dari luar daerah seperti kualu Kapuas, Palangkaraya sebab sudah diberlakukan PPKM di setiap perbatasan Kalsel-Kalteng kemungkinan itu sebabnya,” kata Muhammad, pedagang Sentra Antasari lainnya. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.