Penilaian TIA Tahun 2024 untuk 10 Finalis di Tanbu

0

10 FINALIS masuk penilaian Tanah Bumbu Innovation Award (TIA) Tahun 2024.

TIM Juri TIA 2024, melakukan penilaian pada Rabu (22/5/2024) di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin.

Bupati Abah HM Zairullah Azhar melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra, Eka Saprudin, menyambut baik TIA 2024 oleh Bappedalitbang Tanbu. ‘Pemkab Tanbu melalui Bappedalitbang terus membangun ekosistem inovasi di dalam pembangunan daerah,’ ucapnya.

BACA JUGA: Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap II Dibuka Disnakertrans Tanbu

Menggeliatnya iklim inovasi, ujarnya, diharapkan dapat mendukung proses reformasi birokrasi. ‘Meningkatkan pelayanan publik maupun percepatan perwujudan kesejahteraan masyarakat,’ tambahnya.

Kepala Bappedalitbang Tanbu, Andi Anwar Sadat mengungkapkan, dorongan percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, diperlukan pembangunan budaya inovasi.

Yakni digelarnya Tanah Bumbu Innovation Award (TIA). “Maksud dan tujuan digelar TIA 2024 untuk menciptakan budaya inovasi di lingkungan pemerintah daerah Tanbu dalam peningkatan kinerja pelayanan publik dan daya saing daerah,” bebernya.

BACA JUGA: Lintas SKPD Jadi Peserta Pelatihan Konvensi Hak Anak di Tanbu

Tahap awal penjaringan TIA 2024, yakni Februari dan Maret 2024, beber Anwar Sadat, sebanyak 76 inovasi dilaporkan masuk dalam aplikasi system riset dan inovasi (Serasi). ‘Tanah Bumbu Innovation Award dapat membantu percepatan pembangunan di daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,’ tandasnya.

10 Finalis yakni, Kategori SKPD, Pertama, Disdukcapil Tanbu dengan inovasinya yakni Detak-Detik (Desa Tertib Administrasi Kependudukan Dengan Teknologi Informasi Komunikasi).

Kedua, Bappedalitbang, dengan inovasinya yakni Sistem Informasi Riset dan Inovasi (SERASI).

Ketiga, Bappedalitbang, inovasi Sarana Impelemntasi Perencanaan Berbasis Spasial Untuk Percepatan Pembangunan (Simple Plan).

BACA JUGA: Komitmen Pemkab Tanbu Dalam Penanganan Sanitasi dan Air Bersih

Keempat, Dinas PMPTSP, InovasiMy Perizinan, dan kelima Dinas Kominfo SP dengan inovasi Sistem Informasi Media Center Berbasis Android dan IOS terintegrasi (Simetris).

Inovasi Kategori Masyarakat yakni, Pertama, SMK Muhammadiyah Kusan Hilir, Inovasinya Inhibisi Korosi Pada Baja lunak dalam media air gambut dengan menggunakan senyawa aktif dalam daun singkong.

Kedua, Pejuang Literasi Tanah Bumbu (PETA). Dengan inovasinya yakni Kuliah Gratis dan Road To School dalam upaya percepatan progrevitas talenta muda Tanah Bumbu.

BACA JUGA: Kunjungan Komisi I DPRD Tanbu ke Disdukcapil Tanbu

Ketiga, SMK Negeri 1 Sungai Loban dengan inovasi pemanfaatan enzim bromelin dari kulit nenas sebagai anti inflamasi.

Keempat SMKN 2 Simpang Empat, program kewirausahaan siswa menuju sekolah mandiri sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kelima, SMAN 1 Angsana, dengan inovasinya berupa Batik Ecoprint.

Tim Juri TIA 2024 adalah Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Eka Saprudin, Murwani Viviene Antang dari Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Musdalifah dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.