Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap II Dibuka Disnakertrans Tanbu

0

DISNAKERTRANS (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Tanbu melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Tahap II Tahun 2024.

KEPALA Disnakertrans Tanbu Kadri Mandar membuka secara resmi PBK Tahap II-2024, pada Rabu (22/5/2024) di Gedung Serbaguna Balai Desa Batuah, Kecamatan Kusan Hilir. ‘Pelatihan berbasis kompetensi tujuannya memberikan bekal keterampilan ke pencari kerja,’ ucap Kadri Mandar.

BACA JUGA: Sosialisasi Pelatihan Pasukan Brigade Damkar Dibuka Bupati Tanbu

Sehingga, sambungnya, menjadi calon tenaga kerja kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja setelah menyelesaikan pelatihan di BLK.

“Kita ada MoU dengan perusahaan. Alumni BLK yang memiliki sertifikat kompetensi bisa berkoordinasi dengan Dinas Nakertrans maupun BLK jika belum memiliki pekerjaan,” ujarnya.

Melalui pelatihan berbasis kompetensi ini, harap Kadri, mampu mengurangi pengangguran di Tanah Bumbu (Tanbu).

BACA JUGA: Kunjungan Komisi I DPRD Tanbu ke Disdukcapil Tanbu

Kepala UPTD BLK Tanah Bumbu, Wiyono menyebutkan, pelatihan berbasis kompetensi Tahap II meliputi lima kejuruan. Yaitu, pengelola administrasi perkantoran, desainer grafis muda, pembuatan roti dan kue. menjahit pakaian wanita dewasa, dan pemeliharaan injeksi kendaraan ringan.

PBK Tahap II mengambil tema “Pengembangan Kemampuan dan Ketrampilan Sebagai Bekal Masuk ke Pasar Kerja, Wirausaha dan Menguatkan Produktivitas”

Hadir pula Kapolsek Kusan Hilir, Sekcam Kusan Hilir, Kepala Sekolah dari beberapa sekolah di Pagatan. Perwakilan Bank BNI, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, instruktur UPTD BLK Tanah Bumbu, peserta pelatihan angkatan I dan II.

BACA JUGA: Sekda Tanbu Tutup Pelatihan PKP Angkatan V Tahun 2024

Peserta mengikuti pelatihan secara simbolis diberikan fasilitas seperti seragam, tas, ATK, sepatu, BPJS Ketenagakerjaan dan uang transportasi. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.